Paronikia pada pasien diabetes - Diskusi Dokter

general_alomedika

halo dok..izin berdiskusi dok.Pasien usia 65 th dengan kgD 350 mg/dl, datang dengan keluhan jempol kaki bengkak dan warna merah kehitaman.Tampak permukaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Paronikia pada pasien diabetes

    16 September 2021, 09:24

    halo dok..izin berdiskusi dok.

    Pasien usia 65 th dengan kgD 350 mg/dl, datang dengan keluhan jempol kaki bengkak dan warna merah kehitaman.Tampak permukaan kuku menebal.Pus dijumpai.apakah bisa dilakukan ekstraksi kuku pada pasien ini dTerima kasih sebelumnya dok..

16 September 2021, 09:54

ALO dokter, sebaiknya rujuk ke spesialis bedah ya, dugaan komplikas hiperglikemia (diabetic foot).

Referensi: https://www.alomedika.com/mempertimbangkan-amputasi-atau-tidak-pada-kaki-diabetes

16 September 2021, 10:11

Baik dok, trimakasih atas sarannya dok...

16 September 2021, 11:06

penambahan dok, jempol bengkak karena sebelumnya pasien menggunakan sepatu kesempitan, sehingga kuku nyeri dan akhirnya bengkak dok.

 

16 September 2021, 11:07
Ini sepertinya sudah menuju nekrosis yaa
16 September 2021, 11:21
Ikutan nimbrung ya. Kayanya musti Konsul ke bedah vaskuler lulu yg melengkung krn vaskularisasi yg terganggu
16 September 2021, 11:28
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter, izin ikut diskusi dok. Jempol nya menghitam sudah berapa lama ya dok? Dari klinisnya tampak jelas bahwa terjadi hipoperfusi ke kaki. Kakinya harus segera dilakukan revasularisasi dok (by bedah vaskular/BTKV/Kardio intervensi SpJP/KKV) , karena jika tidak maka bisa mati dan harus diamputasi. Untuk sementara bisa dilakukan heparinisasi dulu.
Untuk kontrol gula darahnya langsung gunakan insulin dok, dgn rapid acting (novorapid/apidra) dan long acting (lantus/levemir), dosis diadjust per 3 hari hingga target GDS tercapai (140-180).
Antibiotik berikan spektrum luas, mencakup gram positif (Ceftriaxone), gram negatif (Ciprofloxacin), dan anaerob (Metronidazole) sekaligus.
16 September 2021, 16:13
dr.Defri Heryadi Sp.B
dr.Defri Heryadi Sp.B
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter.izin berkomentar ya
Pada prinsipnya tatalaksana pada pasien dengan luka seperti ini ditatalaksana segeraKontrol lokal: dengan dilakukan ektraksi kuku segera dan debridement yang pada prinsipnya sumber infeksi teratasi segeraKontrol sistemik: atasi gula darah atau faktor metabolik lainya atau kemungkinan telah terjadi mikro dan makro angiopati pada kakinya (boleh dilakukan ct angiography jika terdapat fasilitas pemeriksaannya) untuk menilai status vaskulernyaJika ada tambahab dipersilahkan..terima kasih
16 September 2021, 18:18
Dan jika sdh terjadi seperti ini, idealnya di faskes tingkat pertama kami lakukan apa dok? (Apabila pasien tdk punya BPJS/daerah terpencil)
16 September 2021, 16:35
Menurut saya pada kasus seperti ini tatalaksana awal lebih baik dilakukan dahulu ekstraksi kuku + debridement jaringan nekrotik lalu terapi dengan AB setelah itu segera berikan insulin utk target penurunan gula darah segera