Pasien diabetes melitus dengan hasil gula darah yang masih tinggi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam alodokter. Ingin bertanya, diklinik say banyak pasien kontrol dengan DM. Pasien sudah di berikan Metformin 3xsehari dan glibenklamid 1x sehari...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien diabetes melitus dengan hasil gula darah yang masih tinggi

    04 September 2021, 19:24
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam alodokter. Ingin bertanya, diklinik say banyak pasien kontrol dengan DM. Pasien sudah di berikan Metformin 3xsehari dan glibenklamid 1x sehari pagi. Namun gula darah sewaktu masih sekitar 250. Menurut pengakuan pasien, pasien rutin kansumsi obat dan sudah mengurangi makan. Pasien sudah dianjurkan untuk kontrol ke pkm atau ke RS untuk pengobatan lebih lanjut. Tapi pasien menolak karena takut ke RS dan memilih berobat diklik saja. 

    Izin bertanya dok, kira2 dosis metformin dan glibenklamid yang dianjurakan untuk kondisi seperti ini bagaimana ya dok? Terimakasih dokter🙏🏻

04 September 2021, 20:07

Alo dokter, coba ikut berdiskusi ya dok.. mungkin memang idealnya bisa dilakukan pemeriksaan HbA1c untuk pemantauan terapinya dok, dan jika masih tidak terkontrol juga bisa dianjurkan untuk dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memperimbangkan kombinasi obat lainnya.

Namun, pada kondisi pasien belum bisa dirujuk, mungkin kalau dari pengaturan dosis metformin disesuaikan dengan respon terapi setiap 2 minggu sampai kontrol gula darah tercapai, umumnya dosis yang dibutuhkan adalah 1500-2550 mg/hari dalam 2-3 kali pemberian, dosis maksimalnya 2550mg/hari.

Kalau Glibenklamid dosis titrasi meningkat tidak lebih dari 2,5 mg pada interval mingguan dan dosis maintenance 1,25-20 mg sebagai dosis tunggal atau terbagi.

Berikut referensi mengenai pengaturan dosisnya https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-mellitus-tipe-2/penataksanaan+

Mungkin demikian dari yang saya dapatkan dok, turut menyimak juga diskusi TS lainnya.. CMIIW terima kasih

05 September 2021, 11:21
Kalau pemberian golongan biguanid yaitu metformin sudah benar dosis therapy metformin dalam 1 hari 4500mg jadi kalau di berikan lebih dari 3x sehari masih dalam dosis therapy, dan untuk golongan sulfonil urea nya sudah benar 1xsehari tidak bisa di tingkatkan karena bisa berdampak cepat hypoglokemik, biasanya di observasi pemberiannya setiap 5 hari, kalau saya biasanya saya pakai mecobalamine untuk.mempercepat proses turunnya gula darah.