Pasien laki-laki usia 16 tahun dengan Intoksikasi Paraquat pada Kulit - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Saya mendapatkan pasien di IGD RS usia 16 tahun dengan riwayat terpapar paraquat (racun rumput merk Gramoxon) yang tempatnya bocor dan mengenai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 16 tahun dengan Intoksikasi Paraquat pada Kulit

    14 Juni 2021, 01:59

    Alo Dokter. Saya mendapatkan pasien di IGD RS usia 16 tahun dengan riwayat terpapar paraquat (racun rumput merk Gramoxon) yang tempatnya bocor dan mengenai kelamin 2 hari yang lalu. Saat ini datang dengan nyeri dan kondisi kulit yang semakin melepuh. TTV normal.

    Untuk kasus seperti ini baiknya ditangani oleh dokter kulit atau dokter bedah ya dok? Diagnosisnya jadi chemical burn atau bagaimana ya dok? Dan mohon saran terapinya kira2 bagaimana ya dokter?

    By the way, jika pasien mungkin datang ke klinik, saya mungkin anjurkan pemberian antibiotik seperti Clindamisin 4x300mg, analgetik seperti ibuprofen, dan juga perawatan luka dengan kompres NaCl 0,9% serta pemberian salep antibiotik jika pus sudah terangkat serta untuk bagian yang bisa diberikan salep. Mohon diskusinya ya dokter.

    Terima kasih TS🙏

14 Juni 2021, 04:59
dr.Yanuhardi, SpM
dr.Yanuhardi, SpM
Dokter Spesialis Mata
Menurut saya, jika lesi kulitnya masih dalam keadaan akut sebaiknya ditangani terlebih dulu oleh Dokter Spesialis Kulit & Kelamin.
14 Juni 2021, 06:56
Terima kasih atas tanggapannya ya dokter 🙏
14 Juni 2021, 11:06

Alo dr. Trinsa, 

Kasus yang dokter berikan termasuk ke dalam luka bakar kimia. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah identifikasi active ingredients dari paparan kimia tersebut. Menurut pubchem, paraquat termasuk ke asam (acid). 

Salah satu penanganan pertama yang dapat dilakukan adalah tetap primary survey dan secondary survey sesuai dengan ATLS. 

Kemudian dapat dilakukan irigasi selama 20 menit denan air mengalir. Tidak diperlukan netralisasi. (https://www.racgp.org.au/afp/2015/march/cutaneous-chemical-burns-assessment-and-early-management/)

 

Namun, untuk kasus ini. Karena mengenai daerah genitalia. Sebaiknya segera rujuk untuk mendapatkan penangana lebih lanjut. Sebisa mungkin di senter yang memiliki burn unit atau dokter spesialis bedah plastik. 

Kriteria rujukan berdasarkan American Burn asscociatin adalah luka bakar yang mengenai wajah maupun genitalia. (http://ameriburn.org/wp-content/uploads/2017/05/burncenterreferralcriteria.pdf)

 

Berikut ini beberapa laporan kasus yang berhubungan dengan keracunan paraquat di kulit. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3829725/

 

Sumber lain:

Pedoman klinis tata laksana luka bakar kimia: https://www.alomedika.com/apakah-yang-harus-dilakukan-pada-luka-bakar-kimia

https://www.alomedika.com/penyakit/bedah-plastik/luka-bakar/penatalaksanaan