Penanganan yang tepat untuk pasien dengan hasil hba1c yang tinggi namun saat cek gula darah rendah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya memiliki pasien dengan HbA1c 9,5 sedangkan GDS 82 mmHg dengan klinis yg masih baik dan riwayat pasien tidak nafsu makan 3 hari terakhir....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk pasien dengan hasil hba1c yang tinggi namun saat cek gula darah rendah

    10 Februari 2021, 19:36
    dr. Lya Novya
    dr. Lya Novya
    Dokter Umum

    Alo dokter. Saya memiliki pasien dengan HbA1c 9,5 sedangkan GDS 82 mmHg dengan klinis yg masih baik dan riwayat pasien tidak nafsu makan 3 hari terakhir. yang saya ingin diskusikan:

    1. apakah boleh saya menunda insulin?

    2. pada gds/gdp berapa saya boleh mulai memberikan insulin

    Terimakasih TS sebelumnya

10 Februari 2021, 20:53

Alo dr. Lya, coba ikut berdiskusi ya dok. Sebelumnya izin bertanya beberapa hal dok, selama ini pengobatan rutin pasien apakah dengan insulin atau OAD, serta kapan dilakukan pengukuran HbA1c tsb dok? kemudian untuk pengukuran GDS 82 apakah sebelumnya ada konsumsi obat atau penggunaan insulin dok?

Berdasarkan guideline PERKENI 2019 untuk kriteria pengendalian DM salah satunya yakni HbA1c <7 atau pada pasien usia lanjut yakni 7.5-8.5. Kemudian kondisi GDS 82 dan pasien tidak nafsu makan 3 hari terakhir, dikhawatirkan akan jatuh ke kondisi hipoglikemi. Penyesuaian terapi dan pengendalian gula darah juga perlu melihat usia, riwayat hipoglikemi sebelumnya, riwayat penyakit penyerta. Serta dari gula darahnya juga perlu pemantauan berkala dan melihat kondisi klinis pasien serta pengaturan dari pola makannya.

Sebagai referensi tambahan berikut ini https://www.alomedika.com/cegah-hipoglikemia-pada-dm-tipe-2 

Semoga dapat membantu dok, turut menyimak juga diskusi TS lainnya, mohon koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih. 

11 Februari 2021, 03:09
dr. Lya Novya
dr. Lya Novya
Dokter Umum
terimakasih banyak diskusinya dokpasien sebelumnya tidak ada mengkonsumsi obat oral maupun insulin dok, (ada oral namun 2 tahun yg lalu dan hanya 1 minggu) termasuk sebelum pengukuran gds dilakukan..
hba1c baru saja dilakukan dok, dan agak sulit jika dilakukan berkala sehingga monitoring selanjutnya saya pantau melalui gdp/gds dok..
karena hba1c mengarah ke severe dengan nilai 9,5 saya sudah mempersiapkan insulin baik basal maupun reguler namun saya tunda.
namun saya belum mendapatkan referensi, pada gds berapa saya bisa memulai untuk mulai memberikan insulin..
jika ada informasi lanjut, mohon diskusinya ya dok
11 Februari 2021, 08:33
Halo dokter Lya izin ikut diskusi ya, kalau di lihat dri guidelines perkeni yaitu dengan HbA1c >9mg/dL tanpa ada gejala klinis atau resiko tinggi pada komplikasi akibat Diabetes, maka pemberian insulin belum diperlukan, masih dapat digunakan 2 obat kombinasi.
Utk GDS diatas 200mg/dL yang konstan, dan tidak terkontrol dengan pengobatan 2/3 obat kombinasi, maka pasien sudah terindikasi dalam pemakaian insulin ya. Maka dari itu, dr Lya boleh menggunakan obat kombinasi terlebih dahulu ya dok
11 Februari 2021, 08:35
Berikut adalah table konversi glukosa rerata ke perkiraan HbA1c pada pasien ya