Bagaimana dosis obat favipirapir untuk pasien dengan COVID-19 varian delta atau omicron - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin diskusi dok apakah sudah ada update terbaru untuk penggunaan obat favipirapir utk tatalaksana covid 19 baik untuk varian delta atau omicron?Dosis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana dosis obat favipirapir untuk pasien dengan COVID-19 varian delta atau omicron

    26 Januari 2022, 17:27
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin diskusi dok apakah sudah ada update terbaru untuk penggunaan obat favipirapir utk tatalaksana covid 19 baik untuk varian delta atau omicron?

    Dosis anjuran yang saya baca di pedomam KMK 2021 utk gejala ringan sedang

    1. Loading dose 1600 mg (8 Tablet) / 12 Jam hari 1 dan hari ke 2 - 5 2x600 mg ( 3 tablet)

    Apa masih berlaku lagi utk tatalaksana saat ini dok? Pertimbangan Pemakaian obat ini bagaimana apakah harus do gunakan dok utk yamg confirm (+)?

26 Januari 2022, 17:54
dr.Dian Apriliana, Sp. P
dr.Dian Apriliana, Sp. P
Dokter Spesialis Paru
Ikut berdiskusi ya dok...
Sampai saat ini terapi delta maupun omicron masih sama seperti dulu...
Untuk favipiravir masih dosis yang sama...dan dapat diberikan dg pasien bergejala mulai dari ringan. Untuk pasien confim covid namun tidak bergejala (asimptomatik), tidak perlu diberikan favipiravir..
26 Januari 2022, 18:04

Alo Dokter, izin ikut berdiskusi ya dok.

Terkait tatalaksana COVID-19 berdasarkan Revisi Protokol Tatalaksana COVID-19 yang disusun oleh 5 organisasi profesi yang dikeluarkan per 31 Desember 2021 (sumber terlampir), tercantum untuk gejala derajat ringan pilihan antivirus yang dapat diberikan salah satunya yakni Favipiravir dengan dosis hari ke-1 loading dose 1600 mg/12 jam/oral dan selanjutnya hari ke 2-5 2x600 mg.

Favipiravir juga sudah disetujui BPOM untuk penggunaan darurat COVID-19. Namun penggunaan pada ibu hamil dan menyusui tidak direkomendasikan, serta belum terdapat penilitian penggunaan pada anak. 

Berikut ini referensi yang mungkin dapat membantu dok: https://www.alomedika.com/obat/antiinfeksi/antiviral/favipiravir/indikasi-dan-dosis

Mungkin ada TS lain yang memiliki update terbaru, turut menyimak juga diskusinya.. CMIIW, terima kasih dok.

SURAT 5OP Des 2021-Dir Yan Kes - Revisi Protokol Tatalaksana COVID-19.pdf
26 Januari 2022, 20:27
Izin bertanya dok, apakah pemberian obat ini aman pada pasien yang menjalani isolasi mandiri (tanpa pemantauan harian). Apakah ada kondisi khusus di mana obat ini sebaiknya tidak atau ditunda pemberiannya?
27 Januari 2022, 10:45

ALO dr. Divayari, favipiravir per oral dapat diberikan pada penderita isoman dengan gejala ringan yang memiliki risiko mengalami perburukan (komorbiditas). Jika pasien gejala ringan tanpa komorbid sebaiknya hanya diberikan terapi suportif.

Untuk peringatan dan kontraindikasi penggunaan obat ini dapat dilihat di artikel Alomedika ini https://www.alomedika.com/obat/antiinfeksi/antiviral/favipiravir/kontraindikasi-dan-peringatan

27 Januari 2022, 13:19
Terima kasih dokter penjelasannya 🙏