Suplemen rutin semasa pandemi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin konsultasi.Di masa pandemi banyak pasien yang bertanya tentang konsumsi suplemen vitamin rutin untuk menjaga imun. Kalau untuk vitamin D,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Suplemen rutin semasa pandemi

    08 September 2021, 17:40

    Alo dokter, izin konsultasi.

    Di masa pandemi banyak pasien yang bertanya tentang konsumsi suplemen vitamin rutin untuk menjaga imun. Kalau untuk vitamin D, kita bisa anjurkan untuk pemeriksaan kadar vit D 25 OH total. Tapi bagaimana untuk vit dan mineral yang lain.

    Misalnya kasus pasien perempuan 35th, tidak ada riwayat penyakit ginjal tapi belum pernah cek fungsi ginjal, TTV normal, merasa lebih fit jika minum suplemen dg kandungan seperti gambar di bawah.

    Apakah ada batas waktu tertentu diminumnya?

    Barangkali sejawat / senior ada yang bisa bantu sharing referensi.

    Mohon diskusinya.

    Btk coll

08 September 2021, 18:12

Alo dr. Putu Eka, izin ikut berdiskusi ya dok.. mungkin sebelumnya perlu disesuaikan juga dari kondisi kesehatan user dan indikasi dalam konsumsi suplemen tersebut. Misalnya apakah memang ada kondisi medis atau riwayat penyakit tertentu yang menyebabkan defiensi vitamin dan mineral, atau hanya sebagai tambahan asupan suplemen. Jika hanya sebatas sebagai asupan suplemen harian, mungkin dapat mengikuti acuan angka kecukupan gizi atau RDA dari masing-masing vitamin dan mineral tersebut.

Mengenai batas waktu meminumnya, mungkin bisa disesuaikan dengan kondisi klinisnya juga dok, jika tidak ada kondisi medis tertentu dan peruntukkannya hanya sebagai suplemen tentu tidak diperlukan konsumsi dalam jangka panjang untuk semua jenis vitamin dan mineral, namun lebih difokuskan pada kebutuhan yang memang esensial sesuai dengan rekomendasi angka kecukupan gizinya. Serta akan lebih baik jika diutamakan juga dari asupan gizi seimbang untuk pemenuhan vitamin, mineral, dan mikronutrien lainnya.

Berikut mungkin beberapa referensi dari Alomedika mengenai kebutuhkan vitamin: Vitamin B3 Vitamin A Vitamin B1  

Asam folat Vitamin B6

Demikian semoga membantu, turut menyimak juga diskusi TS lainnya.. CMIIW terima kasih