Pilihan Step-up Terapi untuk asma tidak terkontrol - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Sejawat!Asma tidak terkontrol adalah salah satu problem yang sering dijumpai dalam praktik sehari-hari dan di Instalasi Gawat Darurat. Bila tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pilihan Step-up Terapi untuk asma tidak terkontrol

    28 Agustus 2019, 14:12

    Alo Sejawat!

    Asma tidak terkontrol adalah salah satu problem yang sering dijumpai dalam praktik sehari-hari dan di Instalasi Gawat Darurat. Bila tidak ditangani dengan tepat dapat mengakibatkan sesak sampai kematian. Pilihan terapi dapat di berikan secara step-up untuk membantu tatalaksana yang tepat. Dari berbagai modalitas tersebut, obat asma step-up manakah yang terbaik untuk mengurangi kekambuhan? Yuk, kita simak telaah jurnal ini!

    https://www.alomedika.com/pilihan-step-up-terapi-untuk-asma-tidak-terkontrol-telaah-jurnal-alomedika

    Step-up terapi diberikan kepada anak dengan penyakit asma yang tidak terkontrol walaupun dengan kortikosteroid inhalasi dosis rendah. 

    Beberapa opsi step-up therapy adalah : 

    • Fixed Dose Combination 
    • Peningkatan dosis kortikosteroid inhalasi
    • Penambahan antagonis reseptor leukotrien ke dalam ICS. 

    Studi kohort yang dilakukan pada 971 pasien anak mendapatkan ketiga pilihan obat tersebut efektif dalam menurunkan kekambuhan serangan asma pada anak. Namun, FDC terbukti lebih efektif dibanding terapi lainnya. 

    Pemberian step-up therapy tetap harus didasarkan pada kondisi klinis, ketersediaan dan pertimbangan dokter. Perlu dipertimbangankan manfaat dan resiko FDC dibanding pilihan step-up therapy lainnya. 

    Tim Alodokter akan mengadakan seminar kedokteran Dr. Race pada tanggal 26 Oktober 2019 dan topik asma akan dibahas pada seminar ini. Mendapatkan SKP loh. Yuk daftar. 

28 Agustus 2019, 14:58
Salah satu guideline yg bisa dibaca adalah GYNA
28 Agustus 2019, 15:42
Info yang sangat bermanfaat Dok.