Pemeriksaan GDS untuk memastikan diagnosis diabetes mellitus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, pasien dengan gds 194 mg/dl dengan trias DM (+) apakah sudah bisa didiagnosis dan tatalaksana DM? Kapan sebaiknya pasien diminta kontrol ulang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan GDS untuk memastikan diagnosis diabetes mellitus

    09 Desember 2022, 07:19
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok, pasien dengan gds 194 mg/dl dengan trias DM (+) apakah sudah bisa didiagnosis dan tatalaksana DM? Kapan sebaiknya pasien diminta kontrol ulang melakukan pemeriksaan gds untuk memastikan diagnosisnya?

09 Desember 2022, 09:00

ALO Dokter, ikut berdiskusi ya Dok. Kalau menurut saya pasiennya sudah masuk kriteria pre-diabetes ya Dok, akan tetapi untuk bisa lebih mengonfirmasi sebaiknya pasien diperiksakan kadar gula darah puasa terlebih dahulu.

Bila memang dari GDP nya menunjukkan kriteria diabetes, maka sudah bisa diterapi DM. Namun, bila dari GDP nantinya ditemukan hasil prediabetes (110-125 mg/dL), maka penanganan yang utama adalah intervensi nonfarmakologis dengan perubahan gaya hidup melalui aktivitas fisik dan diet rendah gula. Farmakoterapi umumnya tidak diperlukan akan tetapi bisa disesuaikan dengan gejala yang dialami pasien. Pasien perlu diedukasi juga terkait tanda bahaya yg membuatnya sebaiknya segera berobat kembali. Pasien bisa diminta untuk datang sebulan kemudian untuk kembali diperiksa kadar gula darahnya.

Selengkapnya mengenai manajemen diabetes bisa dibaca di artikel berikut ya Dok https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-mellitus-tipe-2

09 Desember 2022, 12:05
dr.Wahyuningsih
dr.Wahyuningsih
Dokter Umum - Kecantikan
Bisa, karena trias DM positif, untuk lebih menegakkan diagnosis, perlu diperiksa kadar HBA1C
09 Desember 2022, 16:49
Ada 4 metode untuk mendiagnosis DM.


1. GDP (puasa 8 jam) >= 126 mg/dL


2. GD2PP dengan tes toleransi glukosa oral, >= 200 mg/dl


3. GDS >= 200 mg/dL + Gejala Trias DM


4. HbA1c >= 6,5%


Jadi pasien di atas perlu diperiksa GDS ulangan 3 hari kemudian, atau pakai metode lain.