Peran Obat Sitoprotektor pada GERD dan gastritis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter! Sudahkah TS membaca mengenai artikel ini? https://www.alomedika.com/peran-obat-sitoprotektor-pada-gerd-dan-gastritis Dalam kondisi tertentu,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Peran Obat Sitoprotektor pada GERD dan gastritis

    16 Januari 2019, 13:59
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo Dokter! Sudahkah TS membaca mengenai artikel ini?

    https://www.alomedika.com/peran-obat-sitoprotektor-pada-gerd-dan-gastritis

    Dalam kondisi tertentu, beberapa jenis agen pelindung mukosa dapat menjadi terapi alternatif atau tambahan pada pasien dengan GERD. Hal tersebut bukan berarti bahwa obat pelindung mukosa dapat menggantikan peran inhibitor pompa proton (PPI) sebagai terapi pilihan pertama dalam meredakan gejala GERD dan memicu penyembuhan esofagitis erosif. Namun, obat pelindung mukosa dapat menjadi pilihan bila ketersediaan PPI dan H2RA tidak terjamin atau pasien masih menunjukkan gejala walau telah mendapat terapi PPI optimal. Pilihan obat sitoprotektif yang dapat digunakan adalah sukralfat, antasida yang mengandung aluminium, alginat, dan rebamipide.

    Nah, kalo TS sendiri sering menggunakan obat sitoprotektor apa tidak ya? Saya sendiri sempat mempertanyakan evidence based Sukralfat karena minimnya sumber penelitian terkait obat ini. Namun ketika membahas mengenai topik ini, ternyata evidence basednya ada untuk digunakan sebagai obat alternatif atau terapi ajuvan.

16 Januari 2019, 14:31
dr. William
dr. William
Dokter Umum

Alo dr. Andre!

Thanks for sharing.

Selama praktek, saya sering sekali melihat dokter umum ataupun dokter spesialis meresepkan sukralfat pada pasien gastritis. Dan secara klinis, banyak pasien yang menyatakan keluhan jauh membaik.

Dari artikel alomedika : https://www.alomedika.com/obat/obat-untuk-saluran-cerna/antasida-dan-antiulkus/sukralfat disebutkan bahwa sukrralfat masih menjadi terapi utama pada stress-induced gastritis.

16 Januari 2019, 17:38
Terima kasih docs atas sharing ilmunya😊
16 Januari 2019, 18:40
dr.Farah Soraya Effendi, SpPD
dr.Farah Soraya Effendi, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dok!
Artikel yg sangat menarik dok. memang hingga saat ini PPI merupakan pilihan utama dalam terapi gastritis dan GERD.  Selama praktek saya sering memberikan kombinasi PPI dan sukralfat, krn sukralfat sangat membantu mengurangi keluhan pasien.
Sering kali bila sukralfat saya hentikan pasien mengeluhkan keluhannya muncul kembali. Dan yg menjadi pilihan pun sukralfat sirup dibandingkan tablet. bagaimana pengalaman dokter2 yg lain?
17 Januari 2019, 13:29
Sangat bermanfaat dok shring infonya, terima kasih dok
17 Januari 2019, 14:27
Terimakasih dokter, sharing informasi nya menarik. Saya sendiri menggunakan sucralftas untuk terapi adjuvan dengan ppi atau h2r blocker
17 Januari 2019, 17:41
Terimakasih sharingnya Dok Andre. 
17 Januari 2019, 17:44
Terimakasih sharingnya dok :)