Pasien laki-laki usia 35 tahun dengan keluhan berat badan yang menurun sejak 8 bulan yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya dapat pasien laki-laki usia 35 th dengan keluhan Berat Badan menurun sejak 8 bulan yang lalu, sebelum pandemi covid Berat Badannya 78 kg, sekarang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 35 tahun dengan keluhan berat badan yang menurun sejak 8 bulan yang lalu

    15 Desember 2020, 09:10

    Saya dapat pasien laki-laki usia 35 th dengan keluhan Berat Badan menurun sejak 8 bulan yang lalu, sebelum pandemi covid Berat Badannya 78 kg, sekarang menjadi 50 kg. TB 170 cm. Nafsu makan baik, tidak ada diare, atau muntah. Tidak ada sakit kepala, tidak ada pembengkakan pasa ekstremitas. Pasien bekerja sebagai satpam dan sering jaga malam hari. Kira-kira apa penyebab menurunnya Berat Badan pasien? Apa lagi anamnesa yang harus digali dari pasien ini?

15 Desember 2020, 09:28

Alo Dokter

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. Unintended weight loss mungkin disebabkan oleh infeksi seperti tuberkulosis atau HIV, keganasan (termasuk leukemia atau limfoma), masalah endokrin seperti diabetes mellitus atau hipertiroidisme, atau penggunaan obat tertentu.

Untuk anamnesis mungkin dapat digali lebih lanjut ada tidaknya BAB berdarah atau perubahan pola BAB yang bisa menjadi tanda keganasan GI, ada tidaknya pembengkakan kelenjar getah bening, batuk (atau batuk berdarah), keringat malam, dan demam. Riwayat penggunaan obat dan riwayat konsumsi alkohol juga perlu ditanyakan. Untuk evaluasi kemungkinan hipertiroid atau diabetes, dapat menanyakan sesuai gejala masing-masing penyakit tersebut.

15 Desember 2020, 09:29
Terima kasih, dok
15 Desember 2020, 09:33
Pada pasien ini tidak ada riwayat batuk, tidak ada riwayat BAB berdarah, tidak ada pembengkakan KGB, tidak ada riwayat demam hany sering mengeluh keringat dingin sehabis bekerja. Riwayat penggunaan alkohol, obat-obatan disangkal. Tetapi pasien merokok. Tidak ada riwayat hipertensi, DM. Pada pemeriksaan fisik tidak ada tremor. Tidak ada pembesaran tiroid. Sepertinya perlu pemeriksaan penunjang apa ya, dok untuk menegakkan etiologi  dan diagnosis nya?
15 Desember 2020, 09:54

Untuk pemeriksaan penunjang awal yang diperlukan mungkin berupa pemeriksaan darah lengkap, gula darah, hormon tiroid, dan rontgen toraks. Ada beberapa opsi pemeriksaan lebih lanjut juga, tetapi mungkin dilakukan setelahnya. Detailnya ada di referensi ini ya, Dok:

https://www.gponline.com/unintended-weight-loss-red-flag-symptoms/investigations/article/1288773


 

15 Desember 2020, 09:55
Terima kasih, dok