Penyakit gula kering vs basah - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dr. Dyah SpPD, maaf dok, saya masih suka bingung bagaimana menjelaskan ke pasien mengenai penyakit gula kering (pasien kurus) dan penyakit gula...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyakit gula kering vs basah - Penyakit Dalam Ask the Expert

    16 Februari 2022, 15:17
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat sore dr. Dyah SpPD, maaf dok, saya masih suka bingung bagaimana menjelaskan ke pasien mengenai penyakit gula kering (pasien kurus) dan penyakit gula basah (pasien gemuk). Mengapa ada perbedaan manifestasi klinis seperti itu?

    Terimakasih

16 Februari 2022, 15:28
dr. Dyah P SpPD KEMD
dr. Dyah P SpPD KEMD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

dear dok, klasifikasi diabetes mjd gula basah dan gula kering memang tidak dikenal di medis, namun banyak beredar di masyarakat awam. Pengertiannya juga berbeda. Ada yg mengartikan gula basah dengan pasien DM yg ada luka, atau yg gemuk. 

Pasien DM memiliki sprektrum klinis yg sangat lebar, mulai dari yg usia muda/onset baru (< 1 tahun)/ cukup terkendali dengan modifikasi gaya hidup sampai dengan pasien DM usia tua/durasi DM sudah sangat lama/menggunakan terapi insulin.  Termasuk status gizinya, juga bervariasi. Secara klasik, DM tipe 2 diawali dengan dominasi resistensi insulin (ditandai obesitas) dan ggn sekresi insulin ringan... dan bila DM nya sudah lama, pasien bisa jatuh dalam defisiensi insulin yang berat. Pada kondisi terakhir seringkali pasien mjd kurus karena tjd insulinopenia berat shg cdrg terjadi lipolisis dan glikogenolisis yg menyebabkan berat badan turun

16 Februari 2022, 15:36
Halo dr. Dyah izin ikut berdiskusi dlm jwbn ini dok.
Berarti semua pasien DM yg sudah lama, bisa jatuh ke dlm keadaan insulinopenia ini ya dok? Walaupun misalkan pasien sdh teratur minum obatnya dan GDS nya jika dicek 1bln sekali itu terkontrol (<200mg/dl)
16 Februari 2022, 16:13
dr. Dyah P SpPD KEMD
dr. Dyah P SpPD KEMD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dear dok, tidak semua. Dipengaruhi beberapa faktor yg berisiko mempercepat penurunan sekresi sel beta pankreas diantaranya hiperglikemia (kendali glukosa tdk mencapai optimal), obesitas, dislipidemia, komorbiditas, penyakit akut lainnya.  Sebagai contoh, pasien DM dengan kendali glikemi buruk dan obes dan ada dislipidemia akan berisiko lebih besar jatuh dalam gangguan sekresi insulin berat (penurunan berat badan dengan hiperlgikemia berat)

16 Februari 2022, 17:07
Ooh begitu dok, baik dok menjadi tambah ilmu. Terimakasih banyak dok