Pentingnya edukasi tanda bahaya dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pemberian tanda bahaya merupakan salah satu komponen sistematika dalam menjawab keluhan pengguna, namun masih terdapat perbedaan pendapat antar TS, sehingga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pentingnya edukasi tanda bahaya dalam Chat Bersama Dokter

    25 September 2020, 17:36

    Pemberian tanda bahaya merupakan salah satu komponen sistematika dalam menjawab keluhan pengguna, namun masih terdapat perbedaan pendapat antar TS, sehingga seringkali komponen ini belum diberikan. Edukasi tanda bahaya yang diberikan hanya saat kasus pengguna mengarah pada keadaan kegawatdaruratan, belumlah tepat. Lalu bagaimana pemberian edukasi yang seharusnya?

    Tanda bahaya (red flags) hendaknya diberikan sebagai komponen edukasi pada semua kasus klinis yang dialami pengguna. Edukasi yang diberikan adalah potensi tanda bahaya yang dapat terjadi pada kasus tersebut. Sehingga, pengguna dapat mengetahui waktu dan kondisi yang tepat untuk segera mencari pertolongan pada dokter langsung atau fasilitas kesehatan.

    Edukasi tanda bahaya juga hendaknya selalu diiringi dengan saran ke dokter yang spesifik. TS dapat tekankan agar pengguna bisa ke dokter umum terlebih dahulu atau langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis. Setelah itu, TS juga diharapkan bisa memberikan informasi mengenai tindakan-tindakan yang dapat dilakukan oleh dokter saat konsultasi secara langsung.

    Informasi yang tepat dan akurat, dapat membantu keselamatan pengguna dalam kondisi kesehatannya. Bagaimana pengalaman TS interactive medical advisor dalam memberikan edukasi tanda bahaya? Adakah kesulitan yang dialami? Mari kita diskusikan ya dok.

25 September 2020, 18:17
Alo dr. Reynaldi.

Sependapat dok, bahwa edukasi red flags merupakan hal yang penting. Terutama bagi pasien utk mengetahui tanda-tanda kapan kondisinya merupakan suatu hal yang gawat darurat atau kapan kondisi tersebur llt perlu penanganan segera.

Beberapa artikel di Alomedika juga saya baca ada secara khusus yang membahas red flags pada kondisi penyakit tertentu, semoga bermanfaat bagi sejawat TS apabila menemukan kasus nya ya..

Berikur beberapa artikel tsb:
https://www.alomedika.com/red-flag-vertigo
https://www.alomedika.com/red-flag-benjolan-payudara