Pemberian vaksinasi covid pada penderita DM - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dok, mohon infonya, pemberian vaksinasi covid pada dm untuk papdi terbaru yang saya baca jika tidak terdapat kondisi metabolik akut dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian vaksinasi covid pada penderita DM

    06 September 2021, 15:17
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang dok, mohon infonya, pemberian vaksinasi covid pada dm untuk papdi terbaru yang saya baca jika tidak terdapat kondisi metabolik akut dan terkontrol.. sebetulnya yang jadi patokan terkontrol apa?? Minimal GDP/ GDS berapa yang dapat divaksinasi?? ( karena tdk semua fasilitas kesehatan mempunyai fasilitas hba1c( yg saya baca <6,5/7,5 yang dpt diberikan)). Terima kasih sebelumnya🙏🙏

06 September 2021, 15:55

Alo dokter.. izin ikut berdiskusi ya dok.. memang idealnya untuk mengetahui kontrol terapi adalah dengan pemeriksaan HbA1c, namun jika memang terkendala tidak didapatkan pemeriksaan tersebut mungkin bisa dipatikan dari riwayat pengobatannya serta target terapi dari kadar gula darahnya apakah sudah tercapai.

Misalnya dengan menggali riwayat dosis yang selama ini digunakan dan kadar gula darah terakhir apakah sudah mencapai target terapi dengan dosis yang dianjurkan, mungkin dapat dikatakan terkontrol. Demikian pula dengan tidak adanya komplikasi akut, selama pengobatan tidak pernah ada keluhan yang mengarah pada hiperglikemi ataupun hipoglikemi.

Berikut mungkin referensi yang dapat membantu dok https://www.alomedika.com/vaksinasi-covid19-dan-diabetes-mellitus

https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-mellitus-tipe-2/penataksanaan+

Mungkin ada pendapat dari TS lainnya.. turut menyimak juga diskusi dokter-dokter sekalian, CMIIW, terima kasih dok

07 September 2021, 05:59
Alo Dokter
Memang ada faskes primer ada yg menambahkan pemeriksaan kadar gula darah sebagai bagian dari skrining vaksinasi. Tapi menurut saya ini banyak biasnya karena pasien tidak diinfokan untuk puasa dan bisa saja saat dicek memang baru saja makan dalam jumlah banyak sehingga kadar gula darahnya lebih dari 200 mg/dl. Dokter cukup melakukan skrining sesuai kartu kendali dok, jika tidak ada riwayat penyakit DM sebelumnya dan kondisi saat ini sehat/stabil boleh dilakukan vaksinasi dok.