tatalaksana serangan asma dan alergi salbutamol - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, minta saraannya, pasien usia 48th, dtg dg keluhan sesak nafas sudah 3 hari, memberat hari ini, batuk3 hari, riwayat asma dg pengobatan sebelumnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • tatalaksana serangan asma dan alergi salbutamol

    22 Oktober 2018, 13:38

    dok, minta saraannya, pasien usia 48th, dtg dg keluhan sesak nafas sudah 3 hari, memberat hari ini, batuk3 hari, riwayat asma dg pengobatan sebelumnya budesonide inhaler,cetrizin tab dan metilprednisolon tab.

    kondisi pasien CM , TD 110/80, nadi 90, RR:30, t:36,7. dari pemeriksaan fisik thorak ditemukan wheezing +/+. pasien alergi salbutamol.

    di layanan kesehatan saya hanya ada nebulasi ventolin dan pulmicort. Amankah dok menggunakan salbutamol dlm bentuk nebulasi mengingat efek nebulasi tidak sistemik?

    btk

22 Oktober 2018, 13:58

Alo dr. Wiji,

Apakah memang sudah terkonfirmasi alergi Salbutamol dok? karena alergi Salbutamol jarang sekali terjadi.

Kalau memang ada alergi salbutamol, sebaiknya jangan diberikan dok.. karena kontraindikasi mutlak dari semua obat adalah alergi.

Untuk nebulisasi setahu saya bisa juga diberikan Budesonide nya saja dengan pengenceran. Artikel mengenai Salbutamol bisa Dokter baca juga di https://www.alomedika.com/obat/obat-untuk-saluran-napas/antiasma-dan-bronkodilator/salbutamol/kontraindikasi-dan-peringatan.