Pasien wanita umur 35 tahun dengan hipertensi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin bertanya. Seorang wanita umur 35 tahun datang dengan tekanan darah 220/100 mmHg diberikan obat amlodopin 10 mg kombinasi dengan candesartan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita umur 35 tahun dengan hipertensi

    27 Februari 2022, 11:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter izin bertanya. Seorang wanita umur 35 tahun datang dengan tekanan darah 220/100 mmHg diberikan obat amlodopin 10 mg kombinasi dengan candesartan 1x4 mg. Setelah itu tekanan darah sistolik turun menjadi 160 SD 170 mmHg. Keluhan saat ini setelah minum obat jantung terasa berdebar debar serta sulit tidur malam hari.

    Riwayat pasien mempunyai hipertensi dalam kehamilan yang berlanjut sampai sekarang. Saat ini anak pasien berumur kurang lebih 5 tahun. Pasien tidak kontrol berobat ke dokter untuk hipertensinya.

    Pasien juga mempunyai ulkus gaster diterapi dengan inj. Omeprazole 2x1 dan sucralfat syr 4x2C namun masih perih perutnya terutama malam hari di atas pukul 7 sore. Mohon advice dokter:

    1. Apakah obat antihipertensi kombinasi tsb sudah bagus? Adakah saran dosis dan obat pilihan lain yang aman dan mengurangi rasa berdebar-debar?

    2. Saran untuk pasien ini sudah dirawat 4 hari namun belum ada perbaikan yang signifikan. Perlukah dirujuk?

    3. Terapi tambahan untuk gastritis

28 Februari 2022, 09:45

ALO dokter, hipertensi dengan sistole >180 mmHg sudah masuk kategori krisis hipertensi, atau hypertension emergency. Sebaiknya dirujuk ke RS untuk pemeriksaan jantung (EKG) dan fungsi ginjal. 

Penatalaksanaan krisis hipertensi dapat dilihat di: https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/krisis-hipertensi/penatalaksanaan

 

28 Februari 2022, 15:04
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih dokter infonya 🙏
28 Februari 2022, 10:34
dr.Kholidatul Husna, SpPD
dr.Kholidatul Husna, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo Dokter, mohon ijin berdiskusi
Mengingat pasien wanita usia muda, dengan tekanan setinggi itu perlu dipikirkan juga kemungkinan autoimun misalkan lupus nefritis.
Adanya keluhan berdebar juga perlu dipastikan apakah ada aritmia, baik dari pemeriksaan fisik maupun EKG.
Target tekanan darah adalah kurang dari 140/90, pemilihan kombinasi antihipertensi perlu memperhatikan fungsi ginjal dari pemeriksaan bun/kreatinin dan fungsi kardiak dari EKG.
Saran Sy bila 4 hari belum membaik sebaiknya dirujuk Dok, untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.
Untuk untuk gastritis bila dari pemeriksaan endoskopi didapatkan ulkus gaster dan biopsi ditemukan kuman H. Pylori maka dibutuhkan terapi eradikasi H. Pylori.
Demikian, semoga membantu.
28 Februari 2022, 15:05
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik terimakasih dokter sarannya 🙏