Nutrisi untuk menurunkan BB pada lansia - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, ijin bertanya dok.Pada lansia, sering dikeluhkan sulit untuk menurunkan berat badan, terutama dalam rangka...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nutrisi untuk menurunkan BB pada lansia - Gizi Klinik Ask The Expert

    10 November 2021, 10:52

    Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, ijin bertanya dok.

    Pada lansia, sering dikeluhkan sulit untuk menurunkan berat badan, terutama dalam rangka mengurangi nyeri OA. Selain dari pembatasan jenis olahraga karena OA nya, juga penurunaan BB dengan pengaturan makan juga lambat sekali. Apa ada dok saran untuk pasien tersebut yang kami bisa berikan sebagai GP. Ataukah perlu penanganan langsung dari dokter gizi dengan konsultasi rutin? dan apakah konsultasi seperti itu sudah bisa dilakukan melalui telekonsultasi.

    Terimakasih dok.

10 November 2021, 11:33

Selamat siang dr Ajeng

Betul sekali dok. Pada lansia yang kelebihan berat badan maka sebaiknya dilakukan program penurunan berat badan untuk membantu memperbaiki keluhan fisik tersebut dan masalah kesehatan lain. Pada penurunan berat badan dapat dilakukan metode perubahan gaya hidup dengan pengaturan makan dan aktivitas fisik. Pengaturan makan disesuaikan dengan target yang dicapai tanpa memperberat kondisi pasien. Untuk aktivitas maka yang diharapkan adalah ditingkatkan pertama untuk aktivitas biasa diharapkan lebih aktif misalnya berkebun, melakukan kegiatan di rumah dan lainnya. Kedua pengaturan olahraga bagi kondisi ini yang disesuaikan dengan masalah OA nya tentunya olahraga yang tidak memperberat tekanan pada lutut. Olahraga dapat diberikan 30-45 menit/hari. Beberapa olahraga  seperti berjalan ringan, bersepeda, berenang, yoga, dan olahraga air adalah latihan aerobik yang baik untuk penderita osteoartritis. Olahraga dengan intensitas sedang tidak meningkatkan risiko osteoartritis.

pengaturan makan dapat dievaluasi oleh dokter gizi dan dikontrol selama perawatan. Saat ini untuk telekonsultasi telah banyak dibuka di platform konsultasi dokter yang bisa diakses terbuka. Mudah-mudah2an informasi ini dapat membantu dokter. 

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6165969/

https://bjsm.bmj.com/content/49/24/1554