Bagaimana Menjaga Performa Dokter dengan Eating & Sleep Hygiene? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter! Sudah baca artikel mengenai eating hygiene dan sleep hygiene belum? Di tengah beban kerja yang berat, apalagi bagi dokter yang jaga malam, dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana Menjaga Performa Dokter dengan Eating & Sleep Hygiene?

    29 Juni 2018, 08:43
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo Dokter!

    Sudah baca artikel mengenai eating hygiene dan sleep hygiene belum? Di tengah beban kerja yang berat, apalagi bagi dokter yang jaga malam, dan tekanan mental yang juga tinggi, penting lo bagi kita untuk menjaga kualitas makan dan tidur kita.

    Saya sendiri pas mereview kebiasaan seputar jaga malam saya ternyata banyak yang tidak sesuai dengan tips yang ada di artikel ya. Contohnya kalau habis jaga besoknya libur, saya pasti pas pulang langsung bablas tidur berjam-jam padahal kalau menurut artikel bagusnya tidur paling lama setengah jam dan lebih baik malam setelah jaga tidur lebih cepat.

    Contoh kebiasaan salah saya lainnya adalah makan sambil multitasking. Kata artikel sih lebih bagus kita fokus makan dulu baru ngerjain yang lain..

    Ada yang bisa share tips seputar sleep hygiene atau eating hygiene untuk jaga malam?

29 Juni 2018, 10:01

Alo Dok Andre, 

Sharing sedikit saja, Saya pernah bekerja di perusahaan yang menyediakan medical assistance 24/7 sehingga saya harus bekerja shift dengan 3-4 rekan dokter lainnya. Dapat dikatakan cukup membuat stress juga, Dok apalagi dengan beban kerja yang tidak bisa dibilang enteng dan mewajibkan untuk bisa multitasking dengan cepat dan efisien. 

Awalnya Saya enjoy dengan sistem rotating shift yang ada, karena fleksibel untuk bisa beraktivitas lainnya pada saat weekday, Namun sayangnya pada saat itu, kebetulan di perusahaan sedang shortage untuk tenaga Dokter, sehingga secara otomatis "mewajibkan" dokter-dokter lainnya untuk lembur dan membackup shift yang belum terambil, mulai dari sini mulai ada ketidakteraturan jam tidur yang berlanjut ke excessive eating dan cafffeine dependence untuk saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari tempat tersebut.

Jadi kalau dari Saya, sebenarnya dengan pekerjaan shift work yang jadwalnya "lebih teratur' (misalkan shfit rotating 223) dan tidak melampaui jumlah lemburan yang sudah ditetapkan, ditambah dengan menerapkan tips2 yang dapat dibaca pada artikel yang Dokter berikan, maka efek negatif kesehatan selama shiftwork akan dapat ditekan seminimal mungkin. Namun tidak dapat dipungkiri dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan bahwa shift work berkaitan erat dengan kondisi hipertensi, resistensi insulin dan penyakit jantung. Jadi wajib  juga untuk mengetahui limit dari diri kita sendiri, apabila sudah merasakan beberapa "efek negatif" tersebut, harus bisa untuk segera bertindak misalnya mencari pertolongan medis.

Semoga membantu