Pola Hidup sehat pada pekerja berat, termasuk Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ada orang orang tertentu yang pekerjaannya berat seperti TNI, Polisi, Pemadam Kebakaran, Satpam dinas malam, pegawai yang kerja lebih dari 8 jam perhari dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pola Hidup sehat pada pekerja berat, termasuk Dokter

    02 Desember 2019, 01:18

    Ada orang orang tertentu yang pekerjaannya berat seperti TNI, Polisi, Pemadam Kebakaran, Satpam dinas malam, pegawai yang kerja lebih dari 8 jam perhari dan dokter juga termasuk apalagi yang sedang residen, jelas orang orang tersebut tidak dapat menjalankan pola hidup sehat seperti layaknya orang normal. Tidur tidak cukup, olahraga kurang, makanan tidak sehat. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut terutama dari asupan nutrisi, apa saja yang perlu disarankan.

02 Desember 2019, 10:47
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter!

Pada shift worker seperti satpam dinas malam dan juga tenaga kesehatan, isu kesehatan utama adalah insomnia. Hal ini dapat diatasi dengan sleep hygiene yg baik. Alomedika memiliki artikel yang membahas hal ini Dok:

https://www.alomedika.com/meningkatkan-performa-dokter-dengan-sleep-hygiene

Lalu untuk aspek nutrisinya, tips yang dapat dilakukan adalah sebisa mungkin menyiapkan bekal makanan sendiri, makan dengan porsi sedikit namun sering, dan usahakan untuk duduk di meja makan saat makan di shift malam (tidak makan sambil kerja). Selengkapnya dapat dilihat di artikel Alomedika berikut ini:

https://www.alomedika.com/pentingnya-eating-hygiene-untuk-meningkatkan-produktivitas-kerja

Memang kedua artikel tersebut mengkhususkan untuk sleep dan eating hygiene pada dokter, tapi prinsipnya secara umum bisa juga diterapkan untuk pekerja berat lainnya. Semoga bermanfaat!

02 Desember 2019, 11:51
Terimakasih banyak dok.
02 Desember 2019, 22:57
Beware burnout syndrome,, tidurlah kapanpun bisa tidur dan dlm posisi apapun, tidur minimal harus 7-8 jam/hari pasti sehat 👍
03 Desember 2019, 07:58
Mantap dok, kalau residen bisa tidur hebaat hahaha
02 Desember 2019, 23:54
dr. Aries Rakhmat, Sp.OT
dr. Aries Rakhmat, Sp.OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Sungguh diskusi menarik, terimakasih atas informasi2nya! Semoga diskusi ini semakin ramai dengan masukan2.

Saya hanya menambahkan, jangan lupa untuk olahraga, meskipun misalkan hanya sempat akhir pekan. Untuk profesi dengan aktivitas tinggi seperti dokter olahraga menjadi penting. Tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga sarana refreshing lepas dari rutinitas.

Note: pemanasan yang cukup dan jangan sampai cedera ya! Nanti konsulnya ke Orthopedi :)
03 Desember 2019, 07:59
Mantaaaap, siaap dok
03 Desember 2019, 06:18
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Terimakasih atas saran-sarannya 🙏🙏 diskusi yang amat menarik 😊
03 Desember 2019, 07:59
Sama sama dok