mengonsumsi buah segar bagi pasien diabetes - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, saya mau menanyakan mengenai konsumsi buah segar bagi penderita diabetes. Selama ini yang saya tahu penderita DM boleh mengonsumsi buah segar...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • mengonsumsi buah segar bagi pasien diabetes

    14 Februari 2019, 08:16
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, saya mau menanyakan mengenai konsumsi buah segar bagi penderita diabetes. Selama ini yang saya tahu penderita DM boleh mengonsumsi buah segar sebagai tambahan nutrisi untuk dietnya. Namun kebetulan saya pernah berada 1 poli di puskesmas dengan seorang dokter dan beliau mengedukasi pasien DM untuk tidak terlalu sering mengonsumsi buah karena kandungan gula yg tinggi di dalam buah.

    Bagaimana sebenarnya aturan untuk konsumsi buah pada pasien DM, apakah dibolehkan dengan jumlah terbatas atau memang dianjurkan untuk dihindari? Mohon pencerahannya dok

    Oiya, sebagai tambahan, kalau menurut link tsb buah segar diperbolehkan dikonsumsi bagi pasien DM https://www.alodokter.com/deretan-makanan-untuk-penderita-diabetes-yang-baik-dan-buruk


14 Februari 2019, 08:39

alodokter!

Sepemahaman saya, segala makanan yang disarankan untuk pasien diabetes adalah makanan yang indeks glikemiknya rendah. Jadi untuk buah pun kita cari yang indeks glikemiknya rendah. 

Contoh buan yang indeks glikemiknya rendah (kalo saya salah harap dikoreksi yaa...): apel, jeruk, jambu biji, kiwi, dan beri-berian.

Jadi mungkin kalo boleh saya parafrase maksud dokter ybs, Pasien diminta untuk mengurangi makanan yang indeks glikemiknya tinggi, termasuk buah. Tapi tenru yang disarankan adalah diet seimbang dengan aktifitas fisik yang cukup. cmiiw.

14 Februari 2019, 09:14
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih infonya dok 😊
14 Februari 2019, 08:40
Alodok!

Terkait hal ini, maka boleh saja Dok sebenarnya krn pada buah2an yg manis mengandung gula alami sehingga aman dikonsumsi pada penderita DM.

Selain itu, pada buah2an memiliki indeks glikemik yg baik sehingga tak menyebabkaj lonjakan glukosa post prandial.

Pada artikel yg dokter lampirkan, buah2an olahan maka bisa saja mengandung natrium yg tinggi dalam bentuk produk asinan, atau ditambahkan gula berlebih dalam hentuk manisan sehingga dianjurkan agar dihindari.

Selain tsb dalam buah2an juga mengandung serat yg baik utk menjaga kesehatan saluran cerna.

Berikut saya lampirkan ttg pengaturan makanan pada DM, sumber dari perkeni.
14 Februari 2019, 09:13
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih infonya dok 😊
14 Februari 2019, 09:13
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
.
15 Februari 2019, 22:58
Ikut menyimak, Nice sharing
15 Februari 2019, 23:06
Ikut bergabung juga dok untuk menyimak.