Mengatasi gejala anak mudah tersinggung - Jiwa Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, Sp.KJ, izin bertanya dokter.Apakah anak berusia 5 tahun dengan gejala mudah tersinggung merupakan hal yang normal?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengatasi gejala anak mudah tersinggung - Jiwa Ask the Expert

    13 Januari 2022, 13:14

    Alo dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, Sp.KJ, izin bertanya dokter.

    Apakah anak berusia 5 tahun dengan gejala mudah tersinggung merupakan hal yang normal? Orangtua sudah berusaha untuk memperingatkan atau menegur kesalahan anak dengan bahasa yang lembut, tapi anak mudah sekali sakit hati dan menangis. Adakah cara yang tepat untuk mengatasi gejala tersebut dokter? Kapan harus dibawa konsultasi ke dokter?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

13 Januari 2022, 13:25
dr. Theresia Citraningtyas MWH PhD SpKJ
dr. Theresia Citraningtyas MWH PhD SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Selain mudah tersinggung, apakah ada gejala-gejala lainnya? Seperti yang dibahas secara rinci oleh dr. Kusuma Minayati, Sp.KJ dengan kontribusi Prof. Tjhin Wiguna, Sp.KJ(K) psikiater anak dalam e-course Depresi Alomedika-PDSKJI Jaya, pada usia 5 tahun, depresi pada anak berusia hingga 5 tahun bisa ditandai marah, iritabel, tantrum; menangis & ekspresi sedih berlebihan; tidak mau berpisah dari orang tua/keluarga; hilang minat beraktivitas atau bermain; maupun keluhan gejala fisik: nyeri perut atau sakit kepala. Untuk menilai lebih lanjut, bisa digunakan instrumen-instrumen yang disampaikan dalam e-course tersebut. Pada hari Sabtu 15 Januari 2022 mendatang juga akan diadakan webinar Alomedika tentang depresi pada anak dan remaja yang akan dibawakan oleh Prof. Tjhin Wiguna, Sp.KJ(K) sebagai narasumber.

Bila anak tersebut secara umum ceria dan berfungsi dengan baik dan hanya peka terhadap teguran walaupun lembut, mungkin bisa diajak bicara tentang perasaannya, bisa sambil bermain, menggambar, atau jalan-jalan. Pemahaman anak bisa berbeda dengan orang dewasa, misalnya anak bisa saja mengira bahwa bila ia berbuat salah, ia tidak akan dicintai lagi dan akan ditinggalkan. Anak perlu merasa secure bahwa ia akan selalu diterima dan dicintai, dan bahwa berbuat salah itu bagian dari proses belajar. 

 

13 Januari 2022, 13:27
Sangat membantu untuk jawabannya  dokter. Secara umum anak sangat ceria untuk sehari  harinya, tidak ada kehilangan minat dalam beraktivitas  kecuali saat sedih spt misalnya karena ditegur tadi. Baik dokter, terimakasih  lagi ya dok atas masukannya.