Depresi e-Course

ALO Dokter!

Tahukah Anda bahwa 1 dari 16 pasien Anda menderita gangguan depresi? Yuk, ikuti e-course ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendeteksi dan menangani pasien dengan depresi pada praktik klinis Anda! 

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI Jaya) bekerjasama dengan Alomedika mempersembahkan e-Course DEPRESI terbaru. Harap diperhatikan bahwa untuk mendapatkan sertifikat PDSKJI Jaya dan poin SKP IDI, terdapat biaya yang harus dibayarkan.

ecourse_depresi_baru

e-Course ini sangat berguna bagi semua dokter umum, dokter gigi, maupun dokter spesialis kesehatan jiwa, obgyn, penyakit dalam hematologi-onkologi, bedah umum, bedah onkologi, urologi, penyakit dalam, dan anak. Di dalam e-Course ini akan membahas depresi pada penderita penyakit kronis atau terminal, ibu hamil atau setelah melahirkan, pasca COVID-19, serta anak atau remaja.

Keunggulan e-Course Alomedika adalah membahas secara lengkap pengetahuan praktis berdasarkan bukti ilmiah terbaru, serta dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Sertifikat PDSKJI Jaya dapat meningkatkan CV Anda, dan dapat menunjukkan kepada pasien dan komunitas medis bahwa Anda memiliki komitmen untuk selalu memperbarui pengetahuan medis Anda.

Cara Mengikuti e-Course

Dapatkan sertifikat dari PDSKJI Jaya dan 12 SKP IDI dengan melengkapi syarat dan ketentuan. Caranya adalah: 

  1. Download Aplikasi Alomedika di Google Play & App Store
  2. Buka menu SKP dan klik e-Course, atau dari HP Anda klik link channel

  3. Menonton 6 modul depresi dan kerjakan posttestnya

Jika Dokter menyelesaikan modul sebelum tanggal 20 Desember 2021, Dokter hanya membayar Rp 300,000 dari harga normal Rp 500.000. Ikuti promo ini dengan menggunakan link: https://get.alodokter.com/depresi-PDSKJIJaya-promo 

Sertifikat akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di aplikasi Alomedika dalam 1 hari kerja.

Modul dan Narasumber

Terdapat 6 modul dalam e-Course depresi ini, di mana masing-masing modul berdurasi sekitar 30‒45 menit. Modul tersedia sesuai permintaan, sehingga Anda dapat menontonnya kapan dan di mana saja.

Topik-topik modul adalah: 

  • Modul 1: Instrumen Deteksi Dini Depresi oleh Dr. dr. Dharmawan Ardi Purnama, Sp.KJ [waktu 35:49]. Akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menapis pasien depresi, dengan menggunakan kriteria diagnosis dan instrumen skrining yang telah tervalidasi dengan bahasa Indonesia.

  • Modul 2: Penanganan dan Pencegahan Kekambuhan Depresi oleh dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, Sp.KJ [waktu 42:28]. Akan menambah kepercayaan diri Anda dalam memilih penatalaksanaan pasien depresi, termasuk farmakoterapi yang tersedia di BPJS Indonesia

  • Modul 3: Depresi pada Kelompok Pasien Komorbid, seperti perempuan postpartum, penyakit kronis atau terminal, dan COVID-19 oleh DR. Dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ [waktu 45:39]. Akan mengajak Anda lebih memahami faktor risiko depresi, dan juga cara memberikan telekonsultasi psikiatri.

  • Modul 4: Depresi pada Anak dan Remaja oleh dr. Kusuma Minayati, SpKJ, dengan kontribusi dari Prof DR dr. Tjhin Wiguna, Sp.KJ(K) [waktu 39:46]. Akan memberikan Anda kemampuan untuk membedakan gangguan depresi atau sekedar afek depresi pada anak/remaja, dilengkapi dengan kuesioner dan interpretasi hasil skrining dalam bahasa Indonesia.

  • Modul 5: Self-harm dan Bunuh Diri oleh dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, Sp.KJ, dengan kontribusi dari Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ [waktu 36:55]. Akan membantu Anda mengenali faktor risiko, tanda, dan gejala ide pasif, rencana aktif, maupun percobaan bunuh diri.

  • Modul 6: Promotif dan Preventif Depresi oleh dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, Sp.KJ [waktu 32:50]. Akan meningkatkan pengetahuan Anda mengenai kiat mencegah depresi, sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, pasien, keluarga, maupun diri Anda sendiri.

Jadi, tunggu apa lagi, Dok! Jangan lewatkan penawaran dan kesempatan untuk belajar dari ahlinya di e-Course Depresi.