konsul pertanyaan user tentang rekomendasi diet - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dokter.. Mohon masukannya. Saya mendapat pertanyaan user tentang diet, yg menanyakan apakah bisa makan nasi putih saya tanpa lauk agar bisa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pertanyaan user tentang rekomendasi diet

    12 Maret 2019, 18:07

    Selamat sore dokter.. Mohon masukannya. Saya mendapat pertanyaan user tentang diet, yg menanyakan apakah bisa makan nasi putih saya tanpa lauk agar bisa turun 4-5kg/minggu. Lalu saya jelaskan rekomendasi diet yg tepat. Lalu user berkata rekomendasi makan nasi putih saja tanpa lauk & minum air es itu didapat dari dokter spesialis gizi ketika user memeriksakan diri.

    Aapakah memang ada rekomendasi diet dg cara demikian dok? Bagaimana sebaiknya penjelasannya ke user ya docs? Terima kasih sebelumnya.

12 Maret 2019, 18:43
Berat badan user tergolong obes atau tidak Dok? 
12 Maret 2019, 18:48
Obes dok, berat badan 87 kg dg TB 150 cm.
15 Maret 2019, 19:14
Alo Dokter 
Coba sharing pendapat saja 
Diet tinggi karbohidrat sah2 saja utk dilakukan bila aktivitas sehari2nya cukup berat, seperti buruh, teknisi, dll..karbohidrat paling cepat dicerna oleh tubuh dibanding lemak dan protein utk menjadi energi (O2 dan H20 dan CO2), apalagi bila ingin turun berat badan. Dan gak semuanya harus dari nasi. Roti, dan kentang, adalah contoh karbohidrat yg baik. 

Semoga membantu. 
16 Maret 2019, 19:07
Baik dokter terima kasih banyak masukannya. Biasanya saya juga menjelaskan demikian ke user mengenai rekomendasi karbohidrat tapi berhub user mengaku mendapat saran nasi putih saja tanpa lauk dari dokter spesialis gizi, saya jadi bingung bagaimana menjawabnya dok hehe. Trima kasih. 
15 Maret 2019, 22:02
Alo dok.

Menurut saya, setiap orang punya cara penataan diet berbeda-beda.
Dan penurunan berat badan yang berbeda-beda juga.
Kalau menurut saya jika hanya memakan nasi putih saja maka kebutuhan tubuh kita yang lain akan kekurangan dok.
Kita butuh karbohidrat, protein, lemak serta mineral.
Jika, hanya konsumsi nasi putih yang kandungannya karbohidrat, maka nutrisi lainnya akan tidak seimbang.
Tetapi jika user mengganti sumber karbohidrat yang tepat. Karbohidrat dengan serat tinggi atau juga biasa disebut dengan karbohidrat kompleks dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna tubuh. Sehingga, dengan memakan karbohidrat jenis ini, akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, asupan makan juga bisa lebih sedikit.
Contoh karbohidratnya Kentang, gandum, beras merah, oat dll.
Serta seimbang protein dan lemaknya serta pengaturan jadwal diet serta cemilan yang makan itu juga dapat membantu menurunkan berat badan 1-2 kg/ bulan.

Mungkin ini masukkan saja dok
Terimakasih🙏
16 Maret 2019, 19:08
Baik dokter terima kasih banyak masukannya. Biasanya saya juga menjelaskan demikian ke user mengenai rekomendasi diet tapi berhub user mengaku mendapat saran nasi putih saja tanpa lauk utk turun 4- kg/minggu dari dokter spesialis gizi, saya jadi bingung bagaimana menjawabnya dok hehe. Trima kasih. 
16 Maret 2019, 13:05
nasi putih hanya mencukupi kebutuhan karbohidratnya saja, bila konsumsi karbohidrat berat bada bisa turun, tapi massa otot pun juga ikut trn, dan kulit akan tampak kempot, 

yg paling ptg saat trn berat badan adalah kalori yang masuk lebih kecil dari pada kalori yang keluar, untuk itu dibutuhkan makanan yang awet kenyang tahan lama di perut (walau diet tapi ga lapar), komposisi makanan yang dikonsumsi harus menyesuaikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

alhamdulillah dalam 6 minggu saya bs turun 10kg, kalori masuk lebih kecil dari kalori yg keluar, komposisi makanan tetep diatur sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. bila berat badan yang kita inginkan sudah didapatkan berarti saatnya mengunci berat badan caranya dengan menyamakan kebutuhan kalori. kalori masuk = kalori yang keluar.
16 Maret 2019, 19:12
Baik dok trima kasih. Intinya tdk hanya makan karbohidrat saja ya dok. Hanya bingung bgmn pendekatannya ke user kmarin yg mengaku mendapat saran tsb dari dokter spesialis gizi 🙂
16 Maret 2019, 19:23
16 Maret 2019, 19:12
Baik dok trima kasih. Intinya tdk hanya makan karbohidrat saja ya dok. Hanya bingung bgmn pendekatannya ke user kmarin yg mengaku mendapat saran tsb dari dokter spesialis gizi 🙂
iya dok,