Kesemutan dan nyeri kaki yang timbul saat sore hari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dokter! Izin diskusi, dok. Saya dapat pasien perempuan usia 11 tahun dengan keluhan kesemutan dan nyeri di kedua kaki yang timbul saat sore menjelang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kesemutan dan nyeri kaki yang timbul saat sore hari

    17 Januari 2023, 14:02
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dokter! Izin diskusi, dok. Saya dapat pasien perempuan usia 11 tahun dengan keluhan kesemutan dan nyeri di kedua kaki yang timbul saat sore menjelang malam hari. Keluhan dirasakan selama 2 bulan terakhir dan semakin memberat hingga pasien menangis kesakitan. Pasien sudah beberapa kali diberikan analgetik dan anti radang namun tidak ada perbaikan. Kira2 diagnosis ini mengarah ke mana ya, dok? Penunjang apa saja yang bisa dilakukan di faskes pertama? Terima kasih sebelumnya

17 Januari 2023, 15:03

Alodokter izin berdiskusi

Keluhan tubuh kaku dan kram perlu dipertimbangkan kemungkinan adanya gangguan elektrolit misalnya seperti hipokalsemia. Bila memang ditemukan gangguan elektrolit bisa memberikan tatalaksana yang sesuai, bisa sarankan user untuk melakukan pemeriksaan elektrolit terlebih dahulu Dokter. 

Berikut sumber yang saya baca, cmiiw:

https://www.alomedika.com/komunitas/topic/tips-pemeriksaam-pasien-curiga-hipokalsemia


https://www.alomedika.com/komunitas/topic/tubuh-kaku-kram-dan-kesemutan-saat-menangis


17 Januari 2023, 15:31

Alo dr. Anonymous, ijin coba menjawab ya, terkait kasus ini, anamnesis lanjutan perlu ditanyakan seperti apakah ada riwayat yang sama di keluarga untuk mengetahui apakah neuropati ini merupakan sesuatu yang bersifat herediter. Jika ada, maka pasien perlu dirujuk ke spesialis untuk tinjauan lebih lanjut. 

Selain itu, pada pasien perlu digali apakah terdapat defisiensi vitamin B12 dan E, atau keluhan terjadi pasca infeksi, bila demikian maka dapat dipikirkan bahwa terjadi suatu inflammatory demyelinating polyneuropathy  yang akut (AIDP) atau kronik (CIDP).

Kecurigaan lain terhadap etiologi yang bersifat infeksi adalah difteri (menunjukkan gejala respirasi dan tanda khas difteri), tetapi berbeda dengan AIDP yang neuropati-nya bersifat ascending, neuropati pasca difteri bersifat descending paralysis.

Bila pasien ini mempunyai riwayat penyakit HIV dan sedang dalam pengobatan, maka neuropati dapat saja terjadi akibat eksposur toksin dari ART; pada kasus ini dapat diberikan terapi suportif seperti gabapentin dan review terapi ART yang diberikan. Atau dapat juga terjadi bila pasien HIV yang mendapatkan isoniazid untuk terapi TB. 

Selain itu jika disertai dengan makula dan benjolan, maka dapat dicurigai terjadinya neurofibromatosis tipe 1.  Pada pasien juga perlu digali apakah ada riwayat trauma. 

Bila terdapat urin yang menggelap di siang hari atau gejala episodik, maka dapat dicurigai suatu porfiria

Lalu bila neuropati bersifat asimetris mungkin bisa dicurigai adanya vaskulitis

Pada FKTP, pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti pemeriksaan darah dan urine dapat dilakukan. 

Untuk bacaan lebih lanjut, Dokter dapat membuka link ini.  Semoga membantu. 

17 Januari 2023, 19:13
Izin diskusi, dok. Perlu digali lagi apakah ada kemungkinan kelainan atau cedera pada tulang belakang, yang memberat dengan aktivitas anak di siang hari, sehingga semakin nyeri pada sore hari.
18 Januari 2023, 15:39
dr. Ade Wijaya SpN
dr. Ade Wijaya SpN
Dokter Spesialis Saraf
Kasus seperti ini banyak kemungkinan diagnosis bandingnya. 
Tapi karena keluhannya kesemutan dan nyeri maka kemungkinan ggn pada saraf / neuropati baik itu di saraf perifer maupun medula spinalis. 
Sebaiknya dirujuk ke dokter sp saraf/neurologi ya utk pemeriksaan lebih lanjut.