Waktu yang tepat untuk berhenti mengkonsumsi Metformin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya. Pasien DM tipe II baru pertama kali terdiagnosis. Hasil lab GDS 525mg/dl dan HbA1c 11%.Saya berikan monoterapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Waktu yang tepat untuk berhenti mengkonsumsi Metformin

    10 September 2019, 09:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang dokter, saya ingin bertanya. 

    Pasien DM tipe II baru pertama kali terdiagnosis. 

    Hasil lab GDS 525mg/dl dan HbA1c 11%.

    Saya berikan monoterapi dengan Metformin 3x1 selama kurang lebih sudah 1 bulan dan GDP sudah mencapai nilai normal dalam 2x pemeriksaan terakhir. 


    Apakah Metformin boleh langsung dihentikan, atau bertahap? Atau harus periksa HbA1c ulang terlebih dahulu untuk bisa menghentikan OHO? 


    Terimakasih, mohon bantuannya. 

10 September 2019, 10:37

Selamat pagi Dokter, pada penderita Diebetes melitus penanganan yang menyeluruh diperlukan ya Dokter, dan walaupun sudah memiliki kadar gula yang normal dalam satu bulan pertama, pemantauan tetap diperlukan Dokter. Pertimbangan penurunan dosis, penggantian jenis obat tetap melihat kondisi dan memerlukan nilai HbA1C. Sesuai dengan konsensus yang dikeluarkan oleh Perkeni, pasien DM yang memiliki kadar HBA1C >7 harus dilakukan terapi selama 3 bulan dengan. monoterapi+perbaikan lifestyle kemudian setelah 3 bulan dilakukan pengukuran kadar HB1C kembali Dokter.  

Berikut saya lampirkan linknya Dokter https://pbperkeni.or.id/wp-content/uploads/2019/01/4.-Konsensus-Pengelolaan-dan-Pencegahan-Diabetes-melitus-tipe-2-di-Indonesia-PERKENI-2015.pdf

CMIIW

10 September 2019, 10:41
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih dok. Brrti lebih baik saya turunkan saja dosisnya terlebih dahulu ya dok. Sambil menunggu pemeriksaan HbA1c ulang. 
Terimakasih dok.