Edukasi seperti apa yang tepat diberikan kepada user yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, mohon sharing cara edukasi user yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga baik itu istri atau suami ataupu seorang anak. Lalu pada kondisi user...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi seperti apa yang tepat diberikan kepada user yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga

    17 Februari 2021, 15:42

    Alo Dokter, mohon sharing cara edukasi user yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga baik itu istri atau suami ataupu seorang anak. Lalu pada kondisi user tidak berdaya untuk melaporkan ataupun sekedar konsul ke psikiater karena merasa takut dengan ancaman, bagaimana saran yang dapat kita berikan ke user?

    Terimakasih sebelumnya 🙏

17 Februari 2021, 17:07
Selamat sore dok,Untuk edukasi tentang KDRT menurut saya perlu diberikan pemahaman kepada pasien risiko dan dampaknya apa saja, dari segi fisik dan juga mental health. Apabila kasusnya cukup berat atau sudah terjadi berulang2, mungkin pasien bisa disarankan untuk mendapatkan visum dan melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.CMIIW.
18 Februari 2021, 08:13
Baik dokter Kevin terimakasih atas masukannya 🙏
17 Februari 2021, 18:20
Bila sudah ada ancaman berarti sudah membahayakan user,kita menyarankan user untuk melapor ke KPAI setempat untuk didampingi dan mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi
18 Februari 2021, 08:14
Terimakasih dr. Julia atas masukannya 😊🙏
18 Februari 2021, 05:22
Alo Dokter,
Sekilas mengenai KDRT, objeknya tdk hanya anak, suami atau istri namun anggota keluarga lain atau yg membantu atau menetap dalam keluarga. Bila terjadi KDRT bik psikis, fisik, seksual atau sosioekonomi (biasanya berupa penelantaran), sebaiknya edukasi pasien utk melapor ke orang terdekat dok, misalnya keluarga, tetangga atau RT/RW agar dibantu utk melaporkan ke kepolisian atau lembaga pemerintaj/#osial yg sifatnya memberikan perlindungan misalnya Komnas Perempuan, KPAI, atau KemenPPA. Wajar jika pasien merasa takut krn memang sulit sekali keluar dari pusaran abusive relationship. Apabila ada gangguan psikis atau fisik, mgkn pasien bisa mencoba telekonsultasi sementara dok. Namun, jika ada gangguan atau kekerasan berat yg sampai mengancam nyawa pastikan pasien agar pindah ke tempat yg lebih aman atau shelter.Berikut saya lampirkan pedoman penanganan kekerasan selama pandemi berikut hotline PPA dan Rumah Perlindungan dan Trauma Center di seluruh Indonesia. Mungkin masih ekslusif bagi perempuan dan anak krn memang mayoritas objek adalah perempuan dan anak. Semoga membantu ya Dok Nurul.
Protokol_Penanganan_Kasus_Kekerasan_terhadap_Perempuan_di_Masa_Pandemi_COVID-19(1).pdf
18 Februari 2021, 08:14
Sangat membantu dan lengkap sekali atas informasinya dr. Pika  terimakasih banyak dokter 😊🙏