diet tinggi serat - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Noor Sp.GK, Selamat pagi dokter, ijin bertanya apakah diet serat tinggi baik untuk penurunan berat badan jangka panjang? Apakah tidak bertentangan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • diet tinggi serat - Gizi Klinik Ask The Expert

    10 November 2021, 10:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Noor Sp.GK, 

    Selamat pagi dokter, ijin bertanya apakah diet serat tinggi baik untuk penurunan berat badan jangka panjang? Apakah tidak bertentangan dengan fungsi ginjal yang akan menurun jika kebanyakn konsumsi serat? 

     

    terima kasih dokter 

10 November 2021, 10:43

Selamat pagi dokter

Pda program penurunan berat badan salah satu hal yang dilakukan adalah menyusun pola diet agar kebutuhan serat terpenuhi. Anjuran konsumsi serat adalah 14g / 1000 kkal atau 25-30 gram/hari yang terdistribusi pada pilihan bahan makanan. Pasien dapat dianjurkan untuk menjaga pola diet tersebut sesuai anjuran dan ditingkatkan bertahap mencapai jumlah yang diinginkan. Jika kita mengatur asupan serat pasien untuk beralih ke diet tinggi serat, ingatlah untuk melakukannya secara bertahap untuk memberi waktu pada tubuh menyesuaikan diri. Biasanya keluhan dari konsumsi serat tinggi berkaitan dengan ketidaknyamanan perut, kram dan bahkan diare jika meningkatkan asupan serat terlalu cepat.

Berkaitan dengan fungsi ginjal pada individu yang sehat selama konsumsi tersebut mengikuti anjuran nilai target dari konsumsi sehat maka akan aman. Namun pada pasien dengan riwayat gangguan fungsi ginjal sebagian besar orang dengan CKD mengkonsumsi asupan serat makanan yang kurang rekomendasi, yang sebagian mungkin disebabkan oleh masalah kalium  dari makanan. Namun pada kondisi ini melihat manfaat dasupan makanan kaya serat, pasien dapat diarahkan untuk menyusun strategi diet bersama ahli gizi untuk memiliki bahan makanan sumber serat yang cukup ramah pada masalah gangguan fungsi ginjal.