Bagaimana panduan penggunaan ceretid Inhalasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter dr. Wirya, Sp.P .. ijin bertanya dok , bagaimana penggunaan ceretid untuk terapi asma jangka panjang dok ?Apakah memang harus terus digunakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana panduan penggunaan ceretid Inhalasi

    04 Desember 2020, 14:13

    Alo dokter dr. Wirya, Sp.P .. ijin bertanya dok , bagaimana penggunaan ceretid untuk terapi asma jangka panjang dok ?

    Apakah memang harus terus digunakan ?

    Atau bisa di tappering off penggunaannya sehingga pasien bisa bebas obat dok ??

    Kemudian , bila ada pasien sedang dalam terapi ceretid , dan mengalami serangan yang tiba di UGD masih wheezing dan saturasi sekitar 90-94% dok , initial terapi di UGD yang bisa dilakukan seperti apa dokter ?

    Terima kasih dokter ­čÖĆ

04 Desember 2020, 16:07
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Alo dok.
1. Penggunaan Labacs termasuk seretide pada terapi asma memang harus dievaluasi. Tujuan terapi asma adalah mencapai asma stabil dengan rutin menggunakan Labacsnya. Nah jika setelah evaluasi gejala asma telah mencapai asma stabil maka dapat dilakukan tappering of Labacsnya yaa dok. Prinsipnya digunakan dosis seminimal mungkin untuk tetap mencapai kondisi asma stabil. Pada beberapa kasus asma stabil bisa tercapai tanpa labacs dan hanya menggunakan SABA prn.
2.pada kondisi tersebut bisa langsung diberikan terapi SABA+steroid inhalasi yaa dok. Dan jika dievaluasi 1 jam kondisi sesak belum membaik bisa dikombinasikan dengan SAMA inhalasi : ipratropium.
04 Desember 2020, 16:10
Terima kasih banyak dokter 🙏