Apa Pilihan Obat Antihipertensi yang Aman Untuk Penderita Asma? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Salam sejawat, Ada hal yang ingin saya tanyakan dengan TS sekalian terkait kasus sbb: Pasien laki-laki usia 41 tahun dengan riwayat asma kronis, selama ini...

Diskusi Dokter

  • Apa Pilihan Obat Antihipertensi yang Aman Untuk Penderita Asma?

  •   Kevin Adrian
    Anggota

    Salam sejawat,

    Ada hal yang ingin saya tanyakan dengan TS sekalian terkait kasus sbb:

    Pasien laki-laki usia 41 tahun dengan riwayat asma kronis, selama ini gejala asma terkontrol dan kekambuhan jarang. Dalam 1 bulan terakhir, pasien sudah kontrol 2 kali dan didapatkan tekanan darah tinggi yaitu 170/85 mmHg, TV dan pemeriksaan fisik lain DBN. Pasien tidak ada keluhan dan masih rutin mengonsumsi obat Asma, 

    Menurut teman sejawat apakah pilihan obat hipertensi yang sebaiknya diberikan untuk pasien ini?

    Terima kasih.

    Hai dr. Kevin,

    Sepemahaman saya dok, pilihan obat hipertensi pada penderita asma bisa ACE-I atau ARB dan sebaiknya tidak diberikan beta blocker. Namun demikian, dengan pertimbangan ACE-I yang bisa memicu batuk kronis sebaiknya penggunaannya juga dihindari.

    Salam

      aLni
    Anggota

    setuju dengan dr. FathirJangan lupa edukasi life style dok :) 

     

    Salam Sejawat,

     

    Izin menambahkan docs, setau saya ada memang ada beberapa jenis pemilihan obat antihipertensi untuk penderita asma. Selain obat antihipertensi di atas, ada beberapa penelitian juga yang menyatakan bahwa penggunaan beta-blocker seperti atenolol atau bisoprolol yang termasuk golongan kardioselektif, masih aman untuk digunakan.

     

    Perlu juga diperhatikan untuk penggunaan SABA misalnya ventolin, karena memiliki risiko memberi perburukan pada kondisi hipertensinya, apalagi kalau ada riwayat gangguan jantung, jadi pastikan penggunaan SABA hanya pada kebutuhan jangka pendek atau kondisi eksaserbasi akut.

     

    Ada juga bahan bacaan nih dok : 

    Pilihan obat antihipertensi pada penyakit saluran napas reaktif

     

     

    Best Regards.