apakah jika mengkonsumsi metronidazole+nistatin pervaginam harus berhenti menyusui? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya ingin menanyakan ada user yang bertanya bahwa dia diberi obat metronidazole+nistatin dan sedang menyusui, lalu user membaca artikel yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • apakah jika mengkonsumsi metronidazole+nistatin pervaginam harus berhenti menyusui?

    29 Januari 2019, 21:25

    Alo dokter, saya ingin menanyakan ada user yang bertanya bahwa dia diberi obat metronidazole+nistatin dan sedang menyusui, lalu user membaca artikel yang mengatakan ketika mengkonsumsi metronidazole+nistatin maka harus berhenti menyusui sementara, apakah ini benar atau tidak ya dok?

29 Januari 2019, 22:57
Alo dok,, membantu menjawab..

Mungkin yang dimaksudkan oleh pasien adalah obat vagistat (tioconazole) yang memang disarankan penghentian menyusui sementara saat obat digunakan, dan tergolong kategori C pada ibu hamil. 

Sedangkan untuk vagistin, tidak saya temukan dok.
Semoga membantu­čÖĆ
30 Januari 2019, 00:17
Alodokter!

Vagistin merupakan salah satu nama dagang dari preparat kombinasi Metronidazole dan Nystatin dalam bentuk ovula (intravaginal). Preparat ini digunakan untuk pengobatan pasien dengan kecurigaan infeksi campuran baik oleh Bacterial Vaginosis, Trichomoniasis, atau Candidiasis Vulvovaginalis.

Nystatin umumnya masih aman digunakan untuk busui, dengan pregnancy category A. Beberapa penelitian tentang Metronidazole oral pada ibu hamil menunjukkan peningkatan risiko cleft lip palate namun belum terkonfirmasi. Sedangkan pemberian Metronidazole oral pada busui dapat diekskresikan lewat ASI walau dalam kadar yg lebih rendah dari ibu. Meskipun data adanya efek samping pada bayi akibat pemberian Metronidazole oral pada busui belum terbukti, terdapat anjuran untuk berhenti menyusui sementara selama terapi Metronidazole oral dosis tunggal hingga 12-24 jam pascaterapi.

Dari data diatas, maka terapi Vagistin ovula dapat digunakan dengan mempertimbangkan risk-benefit pasien namun ada baiknya jika menunda menyusui hingga terapi usai.

Semoga bermanfaat, mungkin ada koreksi atau tambahan dari TS lain yang menemukan studi tentang preparat ovulanya, karena yg saya temukan hanya preparat oralnya.

Berikut link referensinya

CDC 2015 STD Treatment Guidelines - Bacterial Vaginosis

Nystatin vaginal (Rx)
30 Januari 2019, 11:40
dr.Zada Febrial Effendy, Sp.KK
dr.Zada Febrial Effendy, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Saya setuju dengan pendapat dr meita