Pasien dengan riwayat percobaan bunuh diri bagaimana cara mengedukasinya - Jiwa Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ.Izin bertanya, Dok, kalau di praktik pribadi ada pasien tetap yang sering bercerita tentang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan riwayat percobaan bunuh diri bagaimana cara mengedukasinya - Jiwa Ask The Expert

    03 Juni 2021, 14:02

    Alo, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ.

    Izin bertanya, Dok, kalau di praktik pribadi ada pasien tetap yang sering bercerita tentang permasalahan-permasalahannya juga termasuk beberapa kali menyampaikan keinginannya untuk melakukan percobaan bunuh diri (walaupun belum pernah dilakukan), apabila sebagai dokter umum, kita sudah sering melakukan edukasi dan komunikasi persuasif untuk berkonsultasi dengan Dokter Sp.KJ, tapi tidak pernah dituruti oleh pasien dengan alasan takut dengan pandangan orang lain dan juga tidak ada waktu karena lokasi yang jauh dari rumah, Bagaimana cara edukasi agar pasien mau dan bersedia kita rujuk ya, Dok? apakah ada tips2 tertentu untuk menghadapi pasien ini? Terima kasih, Dok.

     

03 Juni 2021, 19:23
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Alodokter,

Beruntung sekali sekarang ada aplikasi-aplikasi Kementerian Kesehatan (Sehatpedia, Sehat Jiwa) dan juga milik swasta. Tanpa harus mengkhawatirkan jarak bahkan jika menggunakan aplikasi milik Kementerian Kesehatan bisa gratis, maka seharusnya tawaran ini bisa cukup persuasif kepada pasien untuk mencoba. Pasien bisa mendapatkan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) dari psikiater / psikolog klinis yang menangani di aplikasi tersebut, dan kemudian akan diputuskan perlunya direct consultation. Perlu diberikan keyakinan juga pada pasien, bahwa lewat aplikasi juga tetap ada kerahasiaan media sehingga tidak akan tersiarkan ke siapa pun apa yang pasien sampaikan selama menggunakan jasa aplikasi tersebut. 

Salam Sehat Jiwa. 

03 Juni 2021, 19:26
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Alodokter,

 

Sori tentang tips hampir lupa. 

Saya sudah menjawab tentang Telehealth dan Suicidal Patient untuk pertanyaan dari dr Reynaldi Syarifu Rachman. Monggo dilihat jawaban saya di sana.

Terima kasih.