Pengaruh konsumsi Noscapine terhadap janin usia 18-19 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Docs! Sedikit cerita, saya sedang hamil 18-19w. Tadi malam saya batuk2 kering sampai tidak bisa tidur. Kebetulan saya sedang ada di tempat mertua saya,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengaruh konsumsi Noscapine terhadap janin usia 18-19 minggu

    07 Maret 2020, 06:47

    Alo Docs! Sedikit cerita, saya sedang hamil 18-19w. Tadi malam saya batuk2 kering sampai tidak bisa tidur. Kebetulan saya sedang ada di tempat mertua saya, dini hari saya lihat di kotak obat ada suatu merk obat batuk pilek yang isinya Paracetamol, Guaifenesin, Phenylpropanolamine maleat dan Noscapine. Saya meminum satu tablet tanpa mengingat atau mencari tahu kategori obat tersebut berhubung sudah dini hari dan ga kuat batuk2. Saya baru sadar ternyata Noscapine kategori X pagi ini... Apakah satu tablet akan jadi masalah docs? Apakah saya harus segera kontrol? Bayi saat ini tampaknya masih bergerak aktif, tapi saya sedikit khawatir. Terimakasih Docs. 

09 Maret 2020, 09:56

Alo dr. Mega,

Pada penelitian in vitro, noscapine memang menunjukkan genotoksisitas. Namun, hal ini telah dikritik dan pada suatu waktu papavertum (komponen noscapine) banyak digunakan pada wanita hamil tanpa tercatat adanya kelainan bawaan sejak lahir. Menurut saya, kalau baru minum 1 tablet sepertinya tidak akan menimbulkan masalah, dok. Namun, untuk penggunaan rutin untuk ibu hamil tidak disarankan dan harus dengan pertimbangan risk and benefit yang dapat terjadi.

Berikut sumber yang saya dapat:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1671094/?page=1

https://www.researchgate.net/publication/287921778_Recent_progress_in_clinical_application_of_noscapine_A_review