Pasien bayi 18 bulan dengan telinga kiri mengeluarkan bau tidak enak sejak 2 hari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Ada pasien bayi 18 bulan BB 10.2 kg, telinga kiri mengeluarkan bau tidak enak sejak 2 hari yg lalu. Riwayat dikorek (-), riwayat keluar cairan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien bayi 18 bulan dengan telinga kiri mengeluarkan bau tidak enak sejak 2 hari

    19 Desember 2021, 09:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Ada pasien bayi 18 bulan BB 10.2 kg, telinga kiri mengeluarkan bau tidak enak sejak 2 hari yg lalu. Riwayat dikorek (-), riwayat keluar cairan dari telinga (-), keluar darah (-). Anak tidak demam dan tidak rewel. Sebelumnya sempat pilek selama 3 hari tetapi sudah sembuh. Pada pemeriksaan fisik : Telinga bengkak (-), eritem (-), nyeri tekan (-). Terdapat sinus preauricular pada telinga kiri. Serumen (+). Pengobatan yg tepat bagaimana ya dok? Terima kasih.

20 Desember 2021, 09:02

 

Alo Dokter!

Untuk kasus telinga berbau pada anak seperti kasus dokter bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya benda asing di telinga, otitis media akut atau infeksi pada sinus aurikuler. Usia 18 bulan masih rentan anak memasukkan benda-benda ke dalam lubang tubuhnya seperti mulut, hidung atau telinga. Sehingga dokter harus memastikan hal tersebut memalui anamnesa dengan orangtua serta pemeriksaan pada telinga si anak.


Kemungkinan kedua adalah otitis media akut, pada anak ini terdapat riwayat pilek sebelumnya. Sehingga diagnosa itu perlu dipertimbangkan. Kemungkinan ketiga adalah infeksi sinus aurikuler, yang ditandai dengan telinga kemerahan, bengkak di dalam dan di sekitar lubang telinga, telinga terasa sakit, lubang sinus preauricular mengeluarkan cairan nanah dan demam.


Untuk kasus ini sepertinya adalah otitis media akut. Pada dasarnya otitis media dengan gejala ringan-sedang umumnya akan sembuh secara spontan dan hanya membutuhkan terapi suportif berupa pemberian analgesic, cairan yang adekuat serta istirahat. Namun, terkadang antibiotik diperlukan untuk menangani kasus berat, atau otitis sudah lebih dari 2‒3 hari. Analgesik dapat sistemik, seperti ibuprofen (10 mg/kg setiap 6 jam) atau paracetamol (15 mg/kg setiap 6 jam) atau dapat juga dipertimbangkan anstesi topical jika indikasinya memungkinkan. Pada anak ini dapat dipertimbangkan dilakukan watchful waiting (WW) jika sesuai dengan kriteria.

 

Berikut saya cantumkan artikel yang dapat Dokter baca untuk lebih jelasnya.

https://www.alomedika.com/penatalaksanaan-watchful-waiting-pada-oma-tanpa-komplikasi

https://www.alomedika.com/penyakit/telinga-hidung-tenggorokan/otitis-media/penatalaksanaan

https://www.alomedika.com/manfaat-anestesi-topikal-pada-tata-laksana-nyeri-telinga-otitis-media-akut

 

21 Desember 2021, 16:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih banyak dokter atas informasinya
22 Desember 2021, 06:48
Alo Dokter, menurut saya pasien ini perlu dibersihkan dulu serumennya, lalu dilakukan pengobatan untuk otitis media akut. Sinus preaurikulanya tidak ada peradangan kan dok?
22 Desember 2021, 12:05
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik, terima kasih dokter 🙏
Untuk sinus preaurikular tidak ada peradangan.
22 Desember 2021, 11:26
Bisa  karena infeksi di preauricular fistua congenital
23 Desember 2021, 18:19
Alo Dokter,
Sekadar sharing pengalaman pribadi pada anak saya dok yang telinganya juga pernah bau padahal tidak pernah dikorek dan tidak ada tanda peradangan, sempat ke Sp. THT untuk pembersihan serumen tapi malah membuat traumatis dok dan setelah itu pun telinga masih bau. Lalu saya cari second opinion ke Sp. THT lain tapi penanganan hanya observasi karena menurut beliau tidak ada masalah di telinga dan serumen pada anak tidak banyak dan bisa keluar sendiri. Saya berpikir mungkin ada hubungannya dengan sufor karena anak saya sempat ngedot, jadi mungkin sudu mengalir ke telinga saat ngedot sambil tidur.  Karena saat ngedotnya 'disapih' tidak pernah bau lagi dok.
31 Desember 2021, 09:11
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih atas sharingnya dok