TB paru laten - Paru Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dok, ijin bertanya, saya mempunyai pasien lansia yang dirawat sesak dan pada akhirnya kemudian didiagnosis awal masuk RS dengan gagal jantung akut.Pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • TB paru laten - Paru Ask the Expert

    12 Mei 2022, 12:00
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dok, ijin bertanya, saya mempunyai pasien lansia yang dirawat sesak dan pada akhirnya kemudian didiagnosis awal masuk RS dengan gagal jantung akut.

    Pasien ini kemudian dilakukan pemeriksaan CT scan paru sebagai salah 1 persyaratan rawat inap yang gambarannya tree in bud sign. Hasilnya konsisten dengan pemeriksaan CT scan paru 2 tahun sebelumnya. Berdasarkan advis, pasien ini kemudian juga diperiksakan TCM TB dan didapatkan hasil positif. 

    Pasien sendiri mempunyai riwayat TB paru saat anak-anak yang tidak diketahui apakah pengobatannya sudah tuntas atau belum waktu dulu. 

    Pertanyaannya, Dok:

    Apakah pasien ini bisa dianggap sebagai pasien dengan TB laten Dok?

    Kemudian pertimbangan pemberian OAT pada pasien ini bagaimana ya Dok?

    Terima kasih Dok.

12 Mei 2022, 12:11
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru

Alo Dok,

1. berdasarkan riwayat datanya kemungkinan tidak ke arah TB Laten yaa Dok. Jadi secara prinsip TB Laten ditegakkan jika secara klinis tidak terdapat gejala aktif TB dan terdapat faktor resiko terjadinya TB disease seperti kondisi imunokomprimise pada Px HIV, DM, Malignancy, On terapi Kemo/Imunosupresan dan tentunya pada kasus anak dengan riwayat kontak yg jelas dengan penderita TB Paru aktif ( Misx orang tuanya) dan harus disertai pemeriksaan penunjang yang ke arah TB Laten, seperti IGRA, tes mantoux.

2. jika didapatkan hasil TCM sputum positif maka tegak diagnosis TB Paru dan bisa dimulai pengobatan OAT yaa Dok. Demikian semoga membantu