Kultur bakteri negatif tuberkulosis tapi pasien sudah minun OAT bulan ke-4 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin share kasus. Pasien dengan batuk sudah seminggu disertai bercak darah. Demam , berat badan turun, keringat malam disangkal. Pasien sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kultur bakteri negatif tuberkulosis tapi pasien sudah minun OAT bulan ke-4

    23 April 2019, 19:56

    Alo dokter izin share kasus. Pasien dengan batuk sudah seminggu disertai bercak darah. Demam , berat badan turun, keringat malam disangkal. Pasien sudah berobat ke dokter dinyatakan tuberkulosis paru kasus baru mendapatkan OAT sekarang jalan bulan ke 4. Saat itu hasil dahak BTA negatif.

    Riwayat berobat tb 5 tahun lalu, OAT selama 6 bulan tuntas dinyatakan sembuh. Hasil rontgen setelah pengobatan 5 tahun lalu tampak ateletaksis paru kanan disertai deviasi trakea.

    Untuk kasus sekarang dok, pada awal berobat dilakukan pemeriksaan kultur tb, dan hasil kultur baru keluar sekarang menyatakan bakteri tb negatif pada kultur namun pasien sudah terlanjur minum OAT bulan ke 4.

    Yang saya tanyakan apakah bisa ditegakkan pasien tidak terinfeksi TB dari hasil kultur negatif? lalu bagaimana dengan OAT yang sudah terlanjur dikonsumsi dok apakah lanjut atau stop?

    apakah bisa terjadi resistensi jika OAT distop?

    btk.

23 April 2019, 20:20
dr.Achmad Rafli SpA
dr.Achmad Rafli SpA
Dokter Spesialis Anak
Selain dari klinis yang menunjang TB paru,saat ini telah tersedia pemeriksaan yang cukup baik dalam menegakkan diagnosis TB paru (contoh pada anak) yaitu tes cepat molekular yang bisa membantu menegakkan diagnosis TB atau TB resisten obat; selain itu juga ada IGRA/Gene X-pert.
24 April 2019, 06:13
iya dok terimakasih masukannya 🙏
23 April 2019, 21:22
Tks ilmunya dr
23 April 2019, 21:58
dr. Gina Amanda, Sp.P
dr. Gina Amanda, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Jika saat ini menderita TB lagi berarti kasusnya adalah kasus kambuh ya, namun pada kasus kambuh, TB ditegakkan apabila hasil pemeriksaan bakteriologisnya yakni BTA, TCM, atau kultur menjadi POSITIF kembali.

Dari hasil ronsen spt nya ada destroyed lung kanan ya, kondisi2 spt ini baik krn bekas TB nya atau ada infeksi jamur bs menyebabkan terjadinya batuk darah.

Utk penghentian obatnya perlu atau tidak sptnya perlu lihat kembali perbaikan klinis, radiologis setelah pemberian OAT sampai saat ini. Kalau berdasarkan kultur sptnya agak sulit ya terlebih baru diambil spesimennya ketika sudah diberi OAT 2 bulan.

Pada kondisi hemoptisis dan ada destroyed lung perlu jg diwaspadai kemungkinan hemoptisisnya menjadi masif ya
24 April 2019, 06:12
baikdokter terima kasih banyak 🙏
02 Mei 2019, 17:00
Sependapat dg dr. Gina, mgkn perlu dicek ulang, apakah ada resistensi.

Ataukah keluhan skrg adalah komplikasi dg bekas TB, ataukah ada bakteri atau jamur yg menyebabkan hemoptisis. Shg perlu pemeriksaan lanjutan