Penangan pasien dengan hiperglikemia untuk vaksinasi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya yaSaya mendapatkan pasien TB 160, BB 80, dgn GDS 354. Pasien baru kali ini cek gula krn akan vaksin, namun krn gula darah tinggi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penangan pasien dengan hiperglikemia untuk vaksinasi COVID-19

    02 Juli 2021, 18:19
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya ya

    Saya mendapatkan pasien TB 160, BB 80, dgn GDS 354. Pasien baru kali ini cek gula krn akan vaksin, namun krn gula darah tinggi maka dinyatakan tidak layak utk vaksinasi.

    Pasien mengatakan tdk ada riwayat DM pd keluarga.

    Tatalaksana DM lini pertama adalah perbaikan life style. Namun utk kasus ini baiknya perbaikan life style atau lgsg diberikan obat DM ya dok? Krn perubahan life style tdk instant dlm menurunkan gula darah, sedangkan hrs diperhitungkan jg waktu utk vaksinasi nya.

    Mohon arahannya ya dok

02 Juli 2021, 18:40

Alodokter, izin ikut berdiskusi 

Untuk pasien baru pertama kali periksa gula darah sewaktu dan tinggi. Tetapi saat diperiksa gds langsung diatas 200 maka dapat didiagnosis sebagai diabetes, karena diabetes juga didefinisikan sebagai kadar gula darah puasa di atas 126 mg/dL atau kadar gula darah sewaktu di atas 200 mg/dL. 

Diabetes mellitus tipe 2 terutama memerlukan penatalaksanaan yang komprehensif, berupa penurunan berat badan, pemberian obat antidiabetes, dan perubahan gaya hidup. Sehingga dari sumber yang saya baca dapat diberikan untuk tatalaksana diabetesnya berupa obat obatan juga. Dan tentunya kedepannya nanti akan dipantau keberhasilan terapi menggunakan pemeriksaan HbA1c.

Berikut sumber yang saya baca, mungkin ada ts lain yang ingin menambahkan, cmiiw:

https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-mellitus-tipe-2/penataksanaan+