Pasien anak usia 15 tahun dengan hiperglikemia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin diskusi, pasien anak usia 15 tahun 1 bulan terakhir sering BAK, badan terasa lemas, riwayat sering konsumsi lasegar dan sprite. Ayah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak usia 15 tahun dengan hiperglikemia

    26 Maret 2022, 19:31
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter izin diskusi, pasien anak usia 15 tahun 1 bulan terakhir sering BAK, badan terasa lemas, riwayat sering konsumsi lasegar dan sprite. Ayah meninggal karena DM. Kadar GDS 459. Diberikan obat Metformin 2x500 mg 2 hari kemudian pasien meminta dirawat. Kadar GDS 239. Lalu diberikan Metformin 500 mg. Pasien makan dan minum obat. 3 jam kemudian GDS diperiksa 367, diberikan terapi tambahan glimepiride 1 mg.

    Menurut TS,

    -apakah terapi tersebut sudah baik? Adakah terapi tambahan atau dosis obat yang perlu dikoreksi?

    - saya sarankan untuk cek GDP dan TTGO besok pagi untuk menentukan diagnosis pasti DM Tipe 2. Jika mau tes, apakah obat harus di stop dulu atau tetap dilanjutkan mengingat obat diminum malam dan besok pagi setelah puasa langsung test.

    4. Kapan diberikan Metformin dan glimepiride atau glibenklamid? Apa saja faktor resiko?

    Kapan diberikan Metformin 2x dibanding 1x/hari?

    3. Jika ada literatur tentang kadar glukosa dan dosis obat DM boleh dilampirkan TS🙏

    Terimakasih

26 Maret 2022, 21:30
Alo dokter. Izin berdiskusi dok. 
Diabetes melitus  (DM) merupakan  kondisi  hiperglikemia persisten  yang disebabkan oleh defek pada sekresi insulin, aksi insulin atau keduanya. DM dapat menyerang anak-anak. Pada anak-anak yang tersering adalah DM tipe 1. Namun pada anak-anak jg bisa terjadi DM tipe 2. 


Faktor  risiko  DM  tipe-2  terutama  adalah adanya obesitas dan riwayat keluarga dengan DM tipe-2. Berdasarkan referensi yg saya baca, pengelolaan  DM  tipe-2  pada  anak  dan  remaja  membutuhkan penanganan  komprehensif  terutama  perubahan  gaya  hidup  yang meliputi pengaturan diet dan aktivitas fisik, serta terapi obat-obatan dan insulin. 
Adapun terapi  inisial  DM  tipe-2  meliputi  metformin  dan/  atau  insulin, tergantung  gejala,  beratnya  hiperglikemia,  dan  ada  tidaknya  ketosis/ ketoasidosis.


Berikut saya lampirkan untuk referensinya. CMIIW. mgkn ada TS lain yg ingin menambahkan. 🙏🏻

Konsensus Endokrin DM type 2_2015.pdf
PPK-Diabetes-Melitus-tipe-1-Anak_Remaja FIX.pdf