Perdarahan kecil yang tidak berhenti di pergelangan kaki pada wanita usia 62 tahun yang menderita DM - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Selamat pagi dokter, ijin share kasus perempuan 62 tahun dengan keluhan perdarahan di ankle kanan tanda didahului adanya trauma atau benturan....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perdarahan kecil yang tidak berhenti di pergelangan kaki pada wanita usia 62 tahun yang menderita DM

    21 November 2019, 06:16

    Alodokter! 

    Selamat pagi dokter, ijin share kasus perempuan 62 tahun dengan keluhan perdarahan di ankle kanan tanda didahului adanya trauma atau benturan. Perdarahan muncul dari 1 titik (gambarannya seperti perdarahan yang muncul ketika cek gula darah stik), berlangsung dari jam 11 malam sampai jam 1 subuh, perdarahan keluar dengan pelan, menetes dan tidak memancar. Sebelumnya pasien sempat di massage di kaki. Pasien memiliki riwayat DM dengan konsumsi metformin dan clopidogrel sejak 10 tahun yang lalu. Pasien sudah sempat dilakukan USG Doppler sekitar 1 bulan yll dengan hasil normal.


    Pemeriksaan fisis, TTV dbn, pemfis dbn 

    St. Lokalis: bleeding minimal di 1 spot, swelling (-), tenderness (-), vena-vena superficial tampak di permukaan ( )


    Yang ingin saya tanyakan,

    1. kira-kira kemana arah diagnosis penyakit ini ya dok?

    2. Pemeriksaan lab apa saja yang diperlukan? Apakah perlu mengecek D-Dimer, PTT, APTT, BT dan CT? 

    3. Lalu pada kasus ini, apakah clopidogrel harus distop sementara waktu sampai bleeding benar-benar berhenti atau tetap dilanjutkan? 


    Mohon sharingnya dokter, terimakasih 🙏

21 November 2019, 08:45

Alo dokter.. maaf apakah pagi ini perdarahan masih terjadi? berapakah status gula darah pasien saat ini?

terimakasih

21 November 2019, 08:47
Terakhir saat ditutup tidak ada perdarahan lagi dokter, untuk gula darah acak 189 mg/dl dokter, 
21 November 2019, 09:19

Setuju dengan dr. Renate.. sebaiknya dirujuk kembali ke dokter spesialis yang memberikan dia obat metformin dan clopidogrel.. Agar di follow-up apakah masih ada indikasi pemberian obat lebih dari 10 tahun.

Pemeriksaan laboratorium termasuk hematologi lengkap dan status kekentalan darahnya.. semoga membantu

21 November 2019, 09:00

Alo dr. Wulan!

Berdasarkan data yang dokter berikan, sepertinya tidak terhentinya perdarahan ini disebabkan oleh clopidogrel. Atas indikasi apa ya dok diberika clopidogrel, apakah pasien punya riwayat CAD sebelumnya? Dan pernah diperiksakan USG tungkai kaki apakah karena ada tanda-tanda kearah DVT atau PAD?

Saya setuju dengan dokter, untuk memeriksa Darah perifer lengkap untuk melihat hemoglobin dan juga platelet. Dan pemeriksaan APTT, PT, bila memungkina d-dimer bisa diperiksa juga dok. Untuk melihat keadaan koagulopati dari pasien. 

Untuk penangan awal,. Stop Clopidogrel dan lakukan balut tekan dulu dok. Sampai perdarahan berhenti. Bila perdaharan terus berlangsung, sebaiknya pasien di rujuk ke RS dengan Spesialis penyakit dalam dok. untuk penanganan lebih  lanjut. 

 

 

 

21 November 2019, 10:35
Trimakasih saran dan masukannya dr. Renata 🙏
21 November 2019, 10:02
Sepertinya bleeding akibat clopidogrel dok, dapat dihentikan krn indikasi kurang jelas. Observasi 1 bulan bila bleeding menetap bisa disebabkan komplikasi DM gangguan vaskular. Untuk koagulopati sepertinya tidak mengingat keluhan pertama saat usia lanjut. Bila gangguan vaskular dpt dicek HbA1C dan terapi insulin
21 November 2019, 10:35
Baik dok, terimakasih sarannya dokter 🙏
22 November 2019, 08:37
Alo dok!
Kl emang perdarahan sudah berhenti sih mnrt saya clopidogrel bisa dilanjut aja. Tp kl memang msh aktif bisa dilakukan penekanan dengan kasa adrenalin. Perlu dicek juga faal hemostasis lengkap bila memungkinkan.
Kemudian jelas perlu dirujuk balik ke dokter yg memberikan obat atau konsultasi kan dengan dokter penyakit dalam atau cardio bila memang arahnya ke kelainan cardio.
Terimakasih, CMIIW 🙏