Skrining anak yang kontak dengan pasien TB aktif - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO DokterUntuk anak berusia <5 tahun yang ada kontak erat dengan pasien TB aktif, apakah sebaiknya dilakukan skrining TB? Pemeriksaan apakah yang dianjurkan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Skrining anak yang kontak dengan pasien TB aktif - Anak Ask the Expert

    01 Desember 2022, 16:35
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO Dokter

    Untuk anak berusia <5 tahun yang ada kontak erat dengan pasien TB aktif, apakah sebaiknya dilakukan skrining TB? Pemeriksaan apakah yang dianjurkan dan sebaiknya pemeriksaan tersebut dilakukan berapa lama sejak kontak ya? Terima kasih dok.

01 Desember 2022, 17:09

Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya.

Benar dok, bukan sebaiknya lagi dok, tapi harus ya. Bila ada orang serumah yg terdiagnosis TB, maka seluruh penghuni rumah harus diskrining TB.

Bila ada anak dgn kontak erat TB:

- Cek apakah ada gejala? Lakukan tes mantoux dan ro thorax. Lakukan skoring TB. Utk intepretasi hasil skoring perlu hati2 dan bijak ya, karena bisa saja skor nya <6 tapi bisa kita diagnosis sebagai TB, karena adanya kontak erat ini salah satu poin penting diagnosis TB.

- Utk anak <5thn atau HIV positif yg tidak bergejala dan mantoux dan ro thorax normal, berikan obat pencegahan dgn INH 10mg/kgbb/hari (max 300mg/hari) selama 6 bulan. Evaluasi tiap bulan, bila timbul gejala TB, lakukan pemeriksaan penegakan diagnosis lagi, kalau sakit TB ya diobati ya. Untuk anak diatas 5 thn guideline di Indonesia saat ini tidak diberikan INH hanya evaluasi rutin bila timbul gejala maka periksa utk diagnosis TB. Namun bbrp praktisi ada yg tetap memberikan INH.