SKP Artikel – Waktu Optimal Konsumsi Obat Antihipertensi: Pagi atau Malam? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Waktu optimal untuk konsumsi obat antihipertensi masih menjadi dilema antar klinisi, di mana sebagian klinisi menyarankan konsumsi obat di malam...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • SKP Artikel – Waktu Optimal Konsumsi Obat Antihipertensi: Pagi atau Malam?

    16 Desember 2020, 16:28


    Alo Dokter!

    Waktu optimal untuk konsumsi obat antihipertensi masih menjadi dilema antar klinisi, di mana sebagian klinisi menyarankan konsumsi obat di malam hari, sedangkan sebagian menyarankan konsumsi di pagi hari.

    Studi menunjukkan bahwa perbedaan waktu konsumsi obat antihipertensi akan memberikan efek yang berbeda pula pada kontrol tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dilaporkan berhubungan dengan ritme sirkadian tubuh manusia.

    Yuk, segera ke aplikasi Alomedika dan simak pembahasan lebih detail dalam artikelnya di halaman SKP. Setelah itu, Dokter dapat mengerjakan post testnya untuk mendapatkan 2 SKP IDI dan 25 Alomedika Poin.

16 Desember 2020, 16:42
Trims dok Irene.. segera dikerjakan.. ^^
16 Desember 2020, 17:01
ALO, dok. Sekadar menambahkan ya, dok. Obat pengontrol tekanan darah dari golongan Ace Inhibitor (captopril, ramipril), lebih dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum makan. Karena penyerapan obat tersebut rentan terganggu oleh makanan.
Sedangkan obat antihipertensi dari propranolol, amlodipin, candesartan, disarankan untuk dikonsumsi setelah makan.
Menurut Kemenkes, obat-obatan tersebut dianjurkan untuk diminum pada pagi hari.
Karena ada studi yang menunjukkan tekanan darah mencapai angka paling tinggi pada pukul 09.00-11.00 dan paling rendah di malam hari setelah tidur. Sehingga, mengacu riset tersebut, obat antihipertensi disarankan untuk diminum antara pukul 09.00-11.00.
Kendati ada anjuran untuk minum obat antihipertensi pada pagi hari, studi yang dipublikasikan di European Heart Journal (2018) menyebut minum  obat tekanan darah tinggi di malam hari lebih baik daripada pagi hari.
Terima kasih, dok.
16 Desember 2020, 17:10
Terima kasih info nya, dok. Nanti dikerjakan.