Sesak setelah minum dem*colin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, selamat pagi,Ijin share kasus dok, laki-laki 55 tahun dtg dgn keluhan sesak sejak 2 hari, tepatnya setelah meminum obat vitamin b komplek,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sesak setelah minum dem*colin

    12 Oktober 2019, 07:40

    Alodokter, selamat pagi,

    Ijin share kasus dok, laki-laki 55 tahun dtg dgn keluhan sesak sejak 2 hari, tepatnya setelah meminum obat vitamin b komplek, de*acolin, dan dexametason yang diresepkan oleh dokter. Saat itu keluhan awalnya pilek. Saat ini keluhan pilek sudah membaik namun ia merasakan nafasnya menjadi pendek dan tidak bisa bernafas seperti biasa. Keluhan lain disangkal. 
    Riwayat keluhan yang sama dan riwayat penyakit sistemik disangkal. Riwayat alergi obat tidak diketahui. 

    Dari pemeriksaan fisis, RR 30x per menit, terdapat wheezing pada akhir respirasi, di seluruh lapang paru, rhonki negatif. Suara jantung normal. 
    Pemeriksaan lain normal. 

    Yang ingin saya tanyakan, kira-kira apakah memang sesaknya ini ditimbulkan oleh komponen pseudoefedrin dari obat tersebut atau terjadi penyakit baru pada pasien? Mengingat ada wheezing paru dokter, 

    Mohon sharingnya dokter, mungkin ada dokter yang pernah mendapatkan kasus serupa 🙏
    Terimakasih dokter 🙏

12 Oktober 2019, 08:58
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter
 Jika kita curuga karena efek pseudoepedrin  yg dikandung obat yg diminum pseudoephedrine itu akan memberikan efek seperti adrenalin, mengakibatkan efek hipermetabolisme sifatnya sementara saat minum obat dan selama masih ada efek obatnya atau half life time obat tersebut masih berlangsung. 
Perlu tambahan informasi lagi dari pasien adakah riwayat yg sama dengan minum obat yg sama juga, ada riwayat berdebar2 habis minum coffe, nadinya takikardi. Dan jika perlu lakukan pemeriksaan ECG, foto thorax untuk menambahkan data dan mempertajam diagnosis kita.