Seberapa penting memiliki glucometer mandiri di rumah? - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dokter Diana, Izin bertanya, kita semua tau betapa pentingnya memantau kadar glukosa bagi penderita DM, sehingga mungkin sebagian pasien ada yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Seberapa penting memiliki glucometer mandiri di rumah? - Penyakit Dalam Ask The Expert

    05 April 2021, 13:28
    dr. Abi Noya
    dr. Abi Noya
    Dokter Umum

    Alo, Dokter Diana, 

    Izin bertanya, kita semua tau betapa pentingnya memantau kadar glukosa bagi penderita DM, sehingga mungkin sebagian pasien ada yang dianjurkan untuk memiliki glucometer agar bisa memantau gula darahnya secara mandiri. 

    Dari pengamatan Dokter, kira-kira seberapa penting sih, bagi pasien DM untuk memiliki alat ini. Seberapa sering pengukuran glukosa perlu dilakukan, terlebih bagi pasien DM yang ingin berpuasa, apakah di saat berpuasa pengukuran ini perlu dilakukan lebih sering? Selain itu, adakah pesan khusus yang menurut Dokter, penting bagi kami dokter umum untuk sampaikan pada pasien DM yang sudah rutin melakukan pemeriksaan glukosa secara mandiri? 

     

    Mohon advisnya, Dokter. 

05 April 2021, 14:45
dr. Diana Novitasari SpPD KEMD FINASIM
dr. Diana Novitasari SpPD KEMD FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Pemeriksaan SMBG (Self Monitoring Blood Glucose) baku dilakukan untuk memantau apakah pengobatan sudah tepat dilakukan 7 kali sehari yaitu sebelum makan pagi, setelah makan pagi, sebelum makan siang, setelah makan siang, sebelum makan malam, setelah makan malam, dan sebelum tidur.

 

Dari sini akan didapatkan pola / siklus gula darah pasien, sehingga kemudian pemeriksaan SMBG dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Yaitu pada jam-jam yang kada glukosa daranya masih terlalu rendah atau terlalu tinggi. Pasien DM sebaiknya mempunyai alat pemeriksaan gula darah / glukometer di rumah, terutama bagi mereka yang mendapatkan terapi insulin/ sulfonylurea, usia diatas 60 tahun / ada gangguan ginjal atau menjalani cuci darah.