Riwayat pengobatan Tuberculosis paru tetapi putus obat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin konsul setting tempat di pkm, anak usia 10th riwayat pengobatan TB dimulai sejak bulan Agustus tahun 2021, ketika pengobatan sedang berjalan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Riwayat pengobatan Tuberculosis paru tetapi putus obat

    01 Juli 2022, 11:00
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum
    • Alo dokter, izin konsul setting tempat di pkm, anak usia 10th riwayat pengobatan TB dimulai sejak bulan Agustus tahun 2021, ketika pengobatan sedang berjalan 4bulan tiba2 obatnya diberhentikan atau tidak diminum selama kurang lebih 1bulan, dari dokter SpA dianjurkan untuk pengobatan oat fase lanjutan, dikatakan oleh ibunya semua diperiksa hasilnya dikatakan normal, berobat kembali kemarin, dikatakan sering sakit batuk pilek, demam ataupun keringat dingin tidak ada, berat badan turun disangkal, riwayat kontak dengan penderita TB tidak ada, bapak perokok (+)
    • Bagaimana untuk kasus putus obat yang seperti ini yaa dok? Kapan dikatakan pengobatan diulang atau dilanjutkan?
01 Juli 2022, 12:11

ALO Dokter, 

Pada anak dengan BTA negatif, regimen yang diberikan adalah INH, rifampicin, dan pyrazinamide pada fase inisial 2 bulan pertama. Regimen dilanjutkan dengan fase lanjutan selama 4 bulan dengan INH dan rifampicin. Jika anak ini berhenti minum obat setelah 4 bulam minum obat, sepertinya bukan kasus putus obat. CMIIW.

Referensi: https://www.alomedika.com/penyakit/kesehatan-anak/tuberkulosis-paru-pada-anak/penatalaksanaan