Pasien laki laki usia 30 tahun dengan 21 hari Post laparatomi ec perforasi appendicitis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Izin diskusi, pasien laki laki usia 30 tahun dengan 21 hari Post laparatomi ec perforasi appendicitis. Kondisi luka sekarang seperti foto klinis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki laki usia 30 tahun dengan 21 hari Post laparatomi ec perforasi appendicitis

    29 Juli 2022, 03:08

    Alo dokter. Izin diskusi, pasien laki laki usia 30 tahun dengan 21 hari Post laparatomi ec perforasi appendicitis. Kondisi luka sekarang seperti foto klinis yg saya sertakan. Demam dan nyeri perut tidak ada. Untuk sementara jahitannya sudah saya buka semua krn sudah renggang, kemudian tiap hari saya rawat luka terbuka. Untuk kasus seperti ini sebaiknya apakah harus dijahit lagi dok atau bisa dengan rawat luka terbuka ? Kemudian jika harus dijahit apakah boleh dilakukan di puskesmas ? Karena jarak rs yg jauh akses sulit.

29 Juli 2022, 08:28
dr. Felicia
dr. Felicia
Dokter Umum

ALO dokter,

Ijin ikut berdiskusi ya dok.

 

Mungkin pertama yang harus dilakukan identifikasi dulu faktor risikonya kenapa bisa wound dehiscence. 

Lalu sepertinya dari keadaan luka dapat dilakuakan debridemen dulu agar terdapat jaringan yang segar, lalu baru dihecting.


Oh iya dok, sore ini ada ask the expert dari dr. Nurliati Sari Handini, SpBP-RE pukul 13.00. Bisa langsung ditanyakan ya dok. 

CMIIW

Semoga membantu.

29 Juli 2022, 13:18
Alo dokter, ijin membantu menjawabWound dehisencence menurut saya harus dilakukan debridement dan dijahit ulang, mengingat risiko infeksi.  Saran saya apabila pasien tidak ada keluhan lain selain luka yang terbuka (demam, nyeri, gangguan BAB, dll) mgkn bisa dilakukan hecting di pkm apabila akses yang sulit ke RSMohon arahannya sejawat sekalian, BTK