Puasa bagi penderita diabetes - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Hendra Gunawan, Sp. PD, izin bertanya dokter.Sebentar lagi bulan Ramadhan dokter, mohon tips berpuasa sehat bagi pasien dengan diabetes. Kapan puasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Puasa bagi penderita diabetes - Penyakit Dalam Ask The Expert

    18 Februari 2021, 14:59

    Alo dr. Hendra Gunawan, Sp. PD, izin bertanya dokter.

    Sebentar lagi bulan Ramadhan dokter, mohon tips berpuasa sehat bagi pasien dengan diabetes. Kapan puasa dikontraindikasikan pada pasien dengan diabetes?

    Terimakasih sebelumnya 🙏

18 Februari 2021, 15:19
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dokter,

Sebelum menjalankan puasa, hendaknya pasien mengkomunikasikan kepada dokter yang merawat sehingga didapatkan assessmen risiko puasa pada pasien diabetes mengingat salah satu penyulit adalah hipoglikemia. Hingga saat ini terdapat berbagai rekomendasi terkait puasa pada pasien:

1. Al-Arouj et al., melaporkan bahwa modifikasi diet perlu dilakukan. Hingga saat ini, terdapat kecenderungan untuk mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dan lemak terutama pada saat iftar. Kebiasaan ini seyogyanya dihindari, mengingat makanan tersebut lebih susah diabsorpsi sehingga konsumsi tersebut seyogyanya dilakukan pada saat sahur. Pada saat iftar dan tidak berpuasa, disarankan untuk meningkatkan konsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi.

2. Aktivitas fisik berlebihan seyogyanya dihindari mengingat dapat meningkatkan risiko hipoglikemia. Aktivitas sholat tarawih dapat dianggap sebagai aktivitas fisik yang dapat dilakukan pada saat puasa mengganti olah raga. 

Sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2909082/

Sedangkan, untuk kontraindikasi puasa, mengacu pada pedoman PERKENI tahun 2015, terlampir stratifikasi risiko puasa pada pasien diabetes. Pada umumnya risiko tinggi dan sangat tinggi memiliki pilihan untuk tidak berpuasa. Namun, bila ingin berpuasa harus dilakukan edukasi dengan baik terkait risiko berpuasa. 

Menurut pedoman PERKENI juga, puasa harus dihentikan bila:

1. Hipoglikemia (<70 mg/dL)

2. Kadar glukosa darah beberapa jam setelah iftar <70 mg/dL

3. Kadar glukosa darah >300 mg/dL

4. Pasien sakit

 

Semoga membantu ya.

 

18 Februari 2021, 15:20
Baik dr. Hendra, sangat membantu, terimakasih banyak atas informasinya 🙏
18 Februari 2021, 15:48

terimakasih sharing ilmunya dokter