Probiotik pada penderita HIV - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanga ts mengenai pertanyaan dari user mengenai penggunaan probiotik pada penderita HIVApakah probiotik dianjurkan pada penderita HIV, mengingat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Probiotik pada penderita HIV

    31 Juli 2019, 14:05

    Izin bertanga ts mengenai pertanyaan dari user mengenai penggunaan probiotik pada penderita HIV


    Apakah probiotik dianjurkan pada penderita HIV, mengingat sering terjadi diare kronis pada penderita HIV? Namun, apakah pemberian probiotik berisiko menjadi bakteri patogen / oportunis pada penderita HIV?


    Terima kasih ts 🙏

31 Juli 2019, 15:17

Alo dr. Andrew,

Sekilas dari yang saya baca pada jurnal berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5490594/

bakteri usus pada pasien HIV berbeda dengan bakteri usus pada yang tidak memiliki HIV, dimana keadaan ini justru dapat menyebabkan inflamasi. Penggunaan probiotik dianggap dapat memperbaiki keadaan ini sehingga menurut jurnal ini aman saja digunakan.

Mohon koreksinya jika ada pendapat lain TS.. terima kasih

 

31 Juli 2019, 17:12
Terima kasih dokter 🙏
31 Juli 2019, 15:29

Alo dr. Andrew..

 

Mikrobiodata di usus manusia berperanan penting pada fungsi sistem imun tubuh. Pada pasien HIV ekosistem mikrobiota berubah sehingga sawar saluran cerna rusak, kondisi ini disebut disbiosis. Beberapa studi menunjukkan perbedaan ekosistem mikrobiota usus antara orang sehat dengan pasien HIV, bahkan ditiap fase infeksi HIV memperlihatkna karakteristik mikrobiota usus yang berbeda.

Kadar CD4 dapat diperbaiki dengan terapi antiretrovirus, tetapi terapi tersebut tidak dapat memperbaiki ekosistem usus secara konsisten. Beberapa penelitian tentang pemberian prebiotik dan probiotik memperlihatkan potensi yang menguntungkan terhadap mikrobiota saluran cerna. Pemberian probiotik akan mengurangi translokasi mikroba, menghambat invasi mukosa, memperbaiki integritas sawar mekanik usus,  memperbaikI sistem imun mukosa dan akan menurunkan peradangan lokal maupun sistemik.

 

sumber :  http://ina-jghe.com/journal/index.php/jghe/article/view/692/583

31 Juli 2019, 17:12
Baik terima kasih dokter 🙏