Memberikan Resep Obat bukan Logo Hijau secara Online - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, seperti yang kita ketahui sudah banyak platform medis yang menghubungkan pasien dengan dokter secara online tanpa tatap muka. Bahkan ada platform online...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Memberikan Resep Obat bukan Logo Hijau secara Online

    27 Januari 2019, 06:55
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Dok, seperti yang kita ketahui sudah banyak platform medis yang menghubungkan pasien dengan dokter secara online tanpa tatap muka. Bahkan ada platform online medis yang bisa memberikan resep dokter (bukan obat logo hijau) tanpa adanya pemeriksaan langsung (pemeriksaan fisik). Apakah itu etis ? Karena dikhawatirkan dapat membuat mengurangi kunjungan pasien ke klinik pribadi jika dibiarkan.


27 Januari 2019, 07:43
Iya Dok,  Saya juga pernah lihat.  Tapi masih belum tahu,  apakah memang yang diberikan masih di label hijau atau tidak, jika hanya label hijau saja Saya rasa tidak masalah,  karena tentunya secanggih apapun teknologi telekomunikasi,  tidak dapat menggantikan peran penting pemeriksaan fisik langsung. 
27 Januari 2019, 08:13
Alodok!
Saya juga sempat di informasikan oleh sejawat lain tentang hal serupa, bahkan menurut informasinya bisa memberikan resep juga, tapi saya kurang tau batasan pemberian obat nya. Apakah hanya yg berlabel hijau atau semua obat.

Menurut saya ini kurang etis, juga sangat berisiko, karena data dr anamnesis saja. Karena meskipun petunjuk diagnosis paling besar di dapat dari anamnesis, tapi perlu di tunjang dengan pemeriksaan fisik juga.
27 Januari 2019, 08:56
Setuju Dok.