Pertimbangan mengganti suntikan insulin dengan obat oral - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Diana Novitasari, Sp.PD-KEMD, FINASIMIzin bertanya, Dok, kriteria klinis apa saja yang perlu dipertimbangkan kalau ada pasien DM yang biasanya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pertimbangan mengganti suntikan insulin dengan obat oral - Penyakit Dalam Ask The Expert

    05 April 2021, 13:23
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Diana Novitasari, Sp.PD-KEMD, FINASIM

    Izin bertanya, Dok, kriteria klinis apa saja yang perlu dipertimbangkan kalau ada pasien DM yang biasanya menggunakan suntikan insulin, meminta untuk mengganti menjadi obat oral selama bulan puasa? dan sebaiknya berapa lama sekali dan kapan waktu yang tepat untuk memeriksa GDS secara mandiri oleh pasien selama bulan puasa? Terima kasih.

     

05 April 2021, 14:11
dr. Diana Novitasari SpPD KEMD FINASIM
dr. Diana Novitasari SpPD KEMD FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Mengganti obat insulin jadi obat oral bila HbA1C sudah berada di range 6-7 selama 2-3 kali pemeriksaan dan kadar gula darah puasa / gula darah setelah makan selalu ada pada range normal. Penggantian insulin menjadi obat oral dilakukan bertahap.

 

Penggantian obat insulin menjadi oral paling tidak dilakukan 2 minggu sebelum pasien berpuasa untuk memberikan proses adaptasi yang baik, sehingga mencegah komplikasi puasa pada pasien diabetes.

 

Pemeriksaan SMBG (Self Monitoring Blood Glucose) untuk memantau apakah pengobatan sudah tepat dilakukan 7 kali sehari yaitu sebelum makan pagi, setelah makan pagi, sebelum makan siang, setelah makan siang, sebelum makan malam, setelah makan malam, dan sebelum tidur.

 

Kemudian setelah itu dapat dipersingkat waktunya, dilakukan hanya pada saat pasien mengalami gejala hipoglikemi atau hiperglikemi.