Rujukan pasien anak dengan trauma pembuluh darah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Halo dokter, saya ada pasien anak 8 th Luka sayat di samping tumit atas sebelah dalam akibat pecahan kaca, darah nya muncrat dan berdenyut, lalu saya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Rujukan pasien anak dengan trauma pembuluh darah

    29 Mei 2021, 22:56
    dr.Musmuliadi
    dr.Musmuliadi
    Dokter Spesialis Penyakit Dalam

    Halo dokter, saya ada pasien anak 8 th Luka sayat di samping tumit atas sebelah dalam akibat pecahan kaca, darah nya muncrat dan berdenyut, lalu saya heacting , setelah saya heacting nadi nya tetap berdenyut. Beberapa hari kemudian pasien terjatuh lagi dan terputus jahitan tsb, dan darahnya muncrat lagi. Maka pasien tersebut saya rujuk ke RS dan dilakukan penyambungan arteri. yang ingin saya tanyakan : apakah seperti kasus diatas seharus nya saya rujuk dari awal?

    Dan apakah batas2 jenis perdarahan yang bisa ditangani dokter umum?

    Terimakasih

31 Mei 2021, 09:05

Alo dokter,

Cedera arteri pada anak jarang terjadi, misalnya pada luka tembus dan fraktur ekstremitas. Untuk diagnosis pasti dan keputusan tata laksana perlu pemeriksaan penunjang angiografi atau USG Dopler. Jika saat tindakan pertama belum dapat dipastikan adanya cedera arteri, maka setelah tindakan menjahit luka, orang tua harus diberikan edukasi tentang tanda dan gejala yang perlu diwaspadai sehingga anak dibawa kembali untuk kontrol luka. 

referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2873547/