Perbedaan antara Rhinosinusitis Akut dan Kronis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya, apa perbedaan dari rhinosinusitis akut dan kronis? Dan apakah rhinitis alergi termasuk rhinosinusitis? Sebelumnya terimakasih.

Diskusi Dokter

17 Februari 2020, 21:08

Alo Dokter, 

Kita mulai dulu dengan perbedaan sinusitis dengan rhinitis, meskipun gejalanya sering kali serupa. Pada dasarnya rhinitis adalah peradangan pada membran mukosa di hidung, sementara sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus, karena peradangan ini kerap terjadi bersama dengan peradangan dan pembengkakan pada jalur nasal, maka kondisi ini sering juga dikenal sebagai rhinosinusitis. 

Pada kondisi akut, rhinosinusitis dapat ditandai dengan nasal drainage yang keluar hingga 4 minggu, baik anterior, posterior, maupun keduanya. Keluhan bisa juga disertai dengan obstruksi nasal, sensasi penuh atau tertekan pada kepala dan wajah. 

Sedangkan pada kondisi kronis, keluhan dapat dialami selama 12 minggu atau lebih, dan dapat disertai dengan keluhan lain seperti nasal drainage mukopurulen, obstruksi atau kongesti nasal, rasa penuh atau tertekan pada wajah, dan penurunan daya penghidu.  

Untuk lebih lengkapnya, dokter bisa baca pada link berikut:

1

2

3

 

Feel free to correct me if I'm wrong, or simply add more info to complete this information :) 

Salam.

18 Februari 2020, 13:23
Terimakasih ya Dok, jadi kesimpulannya rhinitis alergi tidak termasuk rhinosinusitis ya Dok?
19 Februari 2020, 20:43
21 Februari 2020, 16:00

Alo Dok,

Setau saya perbedannya terletak pada waktunya, jika kurang dari 12 minggu disebut akut, dan > atau = 12 minggu disebut kronis. Mengenai rhinitis alergi termasuk penyebab/alergi rhinosinusitis dok. 

Berikut saya lampirkan pembedanya dok. Ref: Pedoman Pelayanan Dokter Faskes Primer.