Perawatan luka pada diabetic foot - Bedah Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sonny Seputra Sp. B, mohon izin bertanya, banyak pasien diabetic foot yang luka kronik nya tidak kunjung membaik. Menurut dokter apa saja aspek atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perawatan luka pada diabetic foot - Bedah Ask The Expert

    12 Januari 2021, 09:23

    Alo dr. Sonny Seputra Sp. B, mohon izin bertanya, banyak pasien diabetic foot yang luka kronik nya tidak kunjung membaik. Menurut dokter apa saja aspek atau poin-poin terpenting dalam merawat luka kronik di kaki penderira diabetes, sehingga mempercepat penyembuhan?

    Terima kasih dokter, mohon petunjuknya dokter 🙏

12 Januari 2021, 09:33

ALO, Dokter Yoeko! Terima kasih atas pertanyaannya. Faktor penting untuk penyembuhan luka kaki diabetes antara lain: regulasi gula darah yang baik, perawatan luka yang baik (bebas jaringan nekrotik, kontrol infeksi baik, minimal eksudat), dan vaskularisasi/perfusi jaringan yang adekuat. Sehingga dalam merawat luka kaki diabet perlu diperbaiki ketiga faktor tersebut ya dok. Semoga membantu ya dok. 

12 Januari 2021, 09:46
Terima kasih dok penjelasannya, izin bertanya lebih lanjut dok, untuk mengontrol infeksi pada luka diabetic foot, kapan pemberian antibiotik dianjurkan? Karena penggunaan antibiotik yang lama kan dapat menyebabkan antibiotic resistance, dan golongan antibiotik apa sebaiknya ya dok, apa untuk kuman anaerob?
12 Januari 2021, 10:48
Penggunaan antibiotik pada kaki diabetes hanya pada kondisi infeksi ya dok. Bila tidak ada tanda infeksi dan luka hanya menunggu proses penyembuhan luka saja, maka tidak perlu diberikan antibiotik. Sebaiknya dilakukan kultur dan tes sensitivitas antibiotik dari jaringan yg diduga infeksi untuk dapat diberikan terapi yg sesuai dan mencegah resistensi antibiotik dan terapi antibiotik yg berlebihan. Sedangkan untuk bakteri anaerob, dapat diberikan obat metronidazole ya dok, mengingat infeksi pada kondisi diabetes biasanya merupakan bakteri polimikrobial. Semoga bermanfaat ya dok 🙂🙏